DI BALIK INSIDEN PUTRI SUMBAR GAGAP BACA PANCASILA

Pemprov Akui Tak Terlibat saat Seleksi Provinsi, Foto Kalista Bersama Istri Gubernur Beredar


Senin, 09 Maret 2020 - 18:02:13 WIB
Pemprov Akui Tak Terlibat saat Seleksi Provinsi, Foto Kalista Bersama Istri Gubernur Beredar Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal. Foto/Facebook Jasman Rizal

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar membantah adanya pernyataan tak mengakui Finalis Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar sebagai Perwakilan Sumbar yang beredar di sejumlah media.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal menilai statment yang dikutip sejumlah media itu telah diplintir atau diframing bahasanya dengan kurang tepat sehingga menimbulkan citra negatif dari masyarakat kepada Pemprov Sumbar.

"Jadi ada bahasa yang diframing kurang tepat, karena kita dari Pemprov tidak pernah mengatakan diakui ataupun tidak diakui. Jadi framing media yang mengatakan seperti itu," kata Jasman Rizal saat dihubungi Harianhaluan.com, Senin (9/3/2020).

Jasman menegaskan, bahwa Pemprov Sumbar hanya memberikan klarifikasi terkait munculnya hujatan dan pernyataan dari masyarakat dimana Kalista mengaku sebagai perwakilan Sumbar yang viral setelah dirinya tidak bisa membacakan pancasila dengan sempurna.

"Dikira masyarakat yang ngirim Kalista itu seleksinya dari Sumbar. Padahal kita tidak tahu sama sekali, sehingga keluar lah rilis dari kami yang menjelaskan posisi dan sikap Pemprov," ulas Jasman.

Dari rilis tersebut, kata Jasman, tidak ada satupun sikap Pemprov Sumbar yang menjelek-jelakan dan menyalahkan orang lain. Pihaknya hanya secara profesional menjelaskan posisi Sumbar terkait hal itu. Baik secara administratif hingga legal formalnya.

"Karena Pemprov tidak pernah mengirim, apalagi melakukan seleksi Pemilihan Putri Indonesia (PPI). Jadi kami tidak pernah bicara tidak mengakui Kalista," tegas Jasman.

Masih kata Jasman, PPI tersebut tidak ada hubungannya dengan Pemprov. Berdasarkan informasi yang dia terima, proses PPI terlebih dahulu dilakukan pendaftaran. Karena ajang tersebut dibuka oleh sebuah yayasan melalui audisi yang dilaksanakan di sejumlah kampus di Indonesia.

"Nah, kemudian bagaimana peserta ini penempatannya sebagai perwakilan Sumbar kah ataupun dari daerah lain kah, kita tidak tau karena tidak pernah terlibat sama sekali," imbuh Jasman.



Disinggung terkait beredarnya foto istri Gubernur Sumbar, Nevi Prayitno bersama Kalista, Jasman berdalih, foto tersebut diambil sebelum Kalista masuk karantina ajang PPI.

"Kalista ini menghadap buk Nevi, namun ibuk sendiri tidak mengetahui bahwa dia utusan Sumbar. Ya yang namanya tamu berkunjung ke rumah masa ditolak. Jadi itu dua hal yang berbeda antara ibuk yang menerima dan sikap Pemprov Sumbar," ciletuk Jasman.

Dilansir dari Wikipedia, Kalista Iskandar memiliki nama lengkap Louise Kalista Wilson-Iskandar, lahir di Bukittingi, 15 Juli 1998, dari seorang ibu berketurunan Amerika Serikat, Deborah Escarani Wilson yang berasal dari Kota Montgomery, negara bagian Alabama, Amerika Serikat. Ayah Kalista bernama Egbert D. Iskandar Lam berketurunan Tionghoa-Indonesia, yang juga memiliki keturunan Minangkabau.

Berprofesi sebagai peragawati, Kalista yang meraih gelar Sarjananya dibidang Hukum di Universitas Pelita Harapan Jakarta mewakili provinsi Sumatera Barat dalam kontes kecantikan nasional Puteri Indonesia 2020.

Saat itu Kalista membawakan materi soal advokasi dan fokus menyuarakan tentang metode pendidikan bagi anak berdasarkan bakat yang mereka miliki atau yang disebut EKBOT (Educating Kids Based On Talent), dimana diharapkan metode ini kedepannya dapat mendorong pendidikan di Indonesia lebih baik dan mewujudkan ekonomi kreatif.

Kalista saat ini tengah menempuh pendidikan Magister di bidang Komunikasi Managemen di Universitas Trisakti Jakarta. (*)

loading...
 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]