Guspardi Gaus: Lulusan Pesantren Harus Bisa Segala Bidang


Senin, 09 Maret 2020 - 18:49:58 WIB
Guspardi Gaus: Lulusan Pesantren Harus Bisa Segala Bidang Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar II, Guspardi Gaus saat berkunjung ke Pesantren Subulussalam, Lubuak Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar II, Guspardi Gaus mengimbau setiap pesantren yang ada di Sumbar mendorong santriwan dan santriwati mereka memiliki jiwa entrepreneurship. Hal ini disampaikan Guspardi Gaus saat kunjungan resesnya, ke Pesantren Subulussalam, Lubuak Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman, baru-baru ini.

Guspardi yang merupakan pendiri sekaligus pemilik usaha ritel Citra Swalayan ini mengatakan, para santriwan dan santriwati harus merubah minset, lulusan pesantren jangan hanya bertumpu dibidang agama saja.

"Lulusan pesantren harus bisa jadi pengusaha, jadi politisi, dan bidang lainnya. Kita harus mampu bersaing di semua bidang dan salah satu bidang yang perlu dikuasai adalah bidang bisnis," ujar Guspardi.

Politisi PAN ini menceritakan bagaimana dirinya dulu juga berasal dari pesantren, karena tekad yang kuat menekuni dunia bisnis, akhirnya ia bisa membesarkan Citra Swalayan seperti sekarang dikenal banyak orang.

"Dalam ajaran agama kita sudah disampaikan, setelah perintah shalat, diikuti dengan perintah membayar zakat. Ini artinya, umat Islam itu harus sehat ekonominya sehingga bisa membayar zakat," ucapnya.

Hal ini, sambungnya, bisa juga diteladani dari Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah seorang yang kaya raya dan

pengusaha dizamannya. Bermula dari mengembala domba sampai bekerjasama dengan Siti Khadijah dalam berniaga.

"Ketika menikah dengan Siti Khadijah mahar nabi adalah 100 ekor unta terbaik. Ini menandakan bahwa nabi adalah sosok yang mampu dari segi ekonomi," katanya.

Dikesempatan itu, Guspardi juga menyampaikan apresiasi terhadap Pengurus Yayasan Pesantren Subulussalam, dimana Ketua Yayasan Subulussalam Elidawati menyebutkan, pihaknya sedang giat-giatnya membangun fasilitas untuk menguatkan ekonomi pesantren dan mendorong para santriwan dan santriwati jadi seorang entrepreneurship.

"Kita telah membangun sejumlah fasilitas diantaranya minimarket, musala, unit kesehatan pesantren, depot air, dan kantin pujasera. Visi kami ke depan, menciptakan generasi rabbani yang mempunyai bekal menjadi entrepreneurship. Salah satu program unggulan kami yaitu, santriwan atau santriwati yang duduk di kelas 2 Alyah kita kirim melakukan kerja praktek enterpreneurship ke group Elzatta di Bandung selama 2 minggu," tukas Elidawati yang juga CEO Elzatta group tersebut. (h/len)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM