Waduh! Ternyata Ada Anggota DPR Sudah 6 Bulan Tak Punya Kantor


Selasa, 10 Maret 2020 - 07:17:25 WIB
Waduh! Ternyata Ada Anggota DPR Sudah 6 Bulan Tak Punya Kantor Kantor DPR/MPR RI.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Proyek renovasi ruangan anggota DPR menjadi sorotan. Pasalnya, masih ada beberapa ruangan anggota DPR yang belum selesai hingga kini. Artinya, sejak dilantik Oktober 2019 hingga Maret 2020 (6 bulan), ada anggota DPR yang tak punya 'kantor' hingga lantang luntung pinjam anggota lain yang memiliki kantor atau berkantor di ruangan fraksi. 

Kondisi ini membuat para staf dan tenaga ahli menjadi kesulitan dalam bekerja, terutama dalam bekerja membantu kinerja anggota DPR tersebut. "Sementara ini, kita terpaksa pinjam ruangan teman anggota lainnya untuk bekerja," kata salah seorang staf Anggota DPR bernama Rouf kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/3).

Dia mengaku agak susah dalam konsolidasi pekerjaan, karena peralatan juga belum bisa digunakan. Mestinya, menurut dia proyek renovasi ruangan tersebut harus ada target selesainya. Sehingga tidak mengganggu kerja para legislator Periode 2019-2024.

Sementara itu, Sekjen DPR Indra Iskandar saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler tidak menjawab. Begitupun dengan pertanyaan melalui pesan WhatsApp juga belum dibalas. Sedangkan, Kabiro umum Setjen DPR Djustiawan Wijaya saat dikonfirmasi soal masalah tersebut mengaku, masalah renovasi anggota DPR bukan wilayah kewenangannya.

"Coba tanya ke Karo PBMN (Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (PBMN). Karena Itu bukan domain Biro Umum," katanya.

Saat ditanya apakah memiliki nomor telepon seluler Kabiro PBMN guna konfirmasi, Iwan-sapaan akrabnya mengaku tak memiliki. "Gak ada, datangin aja langsung," ucapnya melalui pesan WhatsApp. 

Tersendat-sendatnya penyelesaian renovasi ruangan anggota DPR disinyalir karena ada masalah keuangan. Diduga dana renovasi ruang tersebut dibawa kontraktor nakal. Salah seorang Anggota DPR yang belum memiliki ruangan itu, antara lain N. M Dipo Nusantara yang menempati ruangan 14.22. Politisi PKB itu hanya bisa pasrah dan menunggu saja, menunggu ruangnya selesai direnovasi.

Ruangan kerjanya saat ini dalam kondisi berantakan, karena pekerjaan renovasi belum selesai hingga kini. "Kalau ditanya pimpinan proyeknya, jawabannya sebentar lagi selesai..he he he," kata Dipo.

Sedangkan, Anggota DPR Ali Zamroni dari Fraksi Partai Gerindra mengaku ruangan kerjanya di 21.02 baru selesai sebulan lalu, sehingga ruangannya sudah bisa digunakan untuk bekerja bersama stafnya dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai Anggota DPR.

Sebagian besar, anggota DPR yang belum memiliki ruangan untuk bekerja adalah anggota DPR pendatang baru atau belum pernah menjadi DPR selama ini. Sedangkan, bagi anggota DPR lama tetap menempati ruangannya selama ini. Hingga berita ini diturunkan Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (PBMN), Sekretariat Jenderal DPR belum bisa dihubungi untuk mengkonfirmasi terkait masalah tersebut. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]