Pemerintah Umumkan Dua Pasien Positif Corona Sembuh


Selasa, 10 Maret 2020 - 13:52:25 WIB
Pemerintah Umumkan Dua Pasien Positif Corona Sembuh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mengumumkan bahwa dua pasien Corona Covid-19 sudah dikatakan kini negatif atau sembuh. Dua pasien itu salah satunya adalah kru kapal Diamond Princess.

"Ada beberapa hal membahagiakan. Kasus 06 ini sudah masuk hari kelima. Pemeriksaannya sudah negatif," kata Juru Bicara pemerintah dalam hal penanganan Corona Achmad Yurianto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020.

Yurianto menjelaskan, setelah dinyatakan negatif, kedua pasien negatif itu akan masih mengikuti pemeriksaan lanjutan. Hal ini dilakukan untuk memastikan virus itu benar-benar bersih dari tubuh manusia.

"Masih menunggu pemeriksaan negatif kedua di dua hari yang akan datang. Setelah negatif, pertama dua hari kemudian kalau negatif juga akan kita keluarkan dari rumah sakit," ujarnya.

Untuk pasien kedua yang sembuh itu. Yurianto tak menjelaskan asal dan identitas. Hanya kemudian dia menjelaskan, sang pasien sembuh ini tertular dari sumber virus sebelumnya atau disebut pasien subcluster.

Selanjtnya kata Yurianto, bagi pasien yang sudah sembuh akan menjalani perawatan diri secara intensif dan akan diawasi oleh Dinas Kesehatan daerah. Jika ada keluhan seperti batuk, demam atau pun flu, pasien diminta segera melapor lagi agar bisa cepat diperiksa.

"Kita sudah mulai mengedukasi bersangkutan, self isolate. Dia menahan diri tidak kontak dengan siapa pun. Sementara," kata dia

"Boleh (kontak) tapi ditahan. Artinya dia menggunakan masker setidak-tidaknya dua meteran," lanjut Achmad Yurianto. (h/*)
 

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 19:23:55 WIB

    Ombudsman Desak Pemerintah Percepat Pemenuhan Relawan Corona

    Ombudsman Desak Pemerintah Percepat Pemenuhan Relawan Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ombudsman RI memberikan sejumlah saran terkait upaya pemerintah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan COVID-19. Dari segi pelayanan kesehatan, Ombudsman memin.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 21:59:42 WIB

    Gerindra: Pemerintah Gagap Corona, Rakyat Berjuang Sendiri

    Gerindra: Pemerintah Gagap Corona, Rakyat Berjuang Sendiri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menilai pemerintahan Presiden Joko Widodo lalai dan gagap dalam menghadapi virus corona (Covid-19). Kini, menurutnya, tinggal masyarakat yang berju.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 19:05:50 WIB

    Pemerintah Klaim Telah Distribusikan 191 Ribu APD Corona

    Pemerintah Klaim Telah Distribusikan 191 Ribu APD Corona Pemerintah Klaim Telah Distribusikan 191 Ribu APD Corona.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 15:36:34 WIB

    Pemerintah Larang WNA Berkunjung dan Transit ke Indonesia

    Pemerintah Larang WNA Berkunjung dan Transit ke Indonesia BOGOR, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh kunjungan dan transit warga negara asing (WNA) ke wilayah Indonesia. Penghentian itu dilakukan guna mencegah penularan l.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 12:20:45 WIB

    Fadli Zon Sebut Pemerintah Terlambat Bahas Lockdown

    Fadli Zon Sebut Pemerintah Terlambat Bahas Lockdown JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Anggota DPR RI dari fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon menyebut pemerintah terlambat jika baru membahas Peraturan Pemerintah (PP) terkait kemungkinan untuk mengkarantina wilayah atau local lockdow.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM