Kejari Pariaman Serahkan Kasus Dugaan Mark Up Tiket Perjalanan DPRD ke Pengadilan Tipikor


Selasa, 10 Maret 2020 - 15:00:44 WIB
Kejari Pariaman Serahkan Kasus Dugaan Mark Up Tiket Perjalanan DPRD ke Pengadilan Tipikor Kajari Pariaman, Efrianto

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Kasus dugaan mark up tiket perjalanan dinas Anggota DPRD Padang Pariaman tahun anggaran 2012-2013 lalu akan masuk pada ranah pembuktian. Pasalnya, Kejaksaan Negeri (kejari) Pariaman telah melimpahkan kasus itu ke Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang.

"Ya, kami telah melimpahkan perkara dugaan mark up tiket perjalanan dinas Anggota DPRD Padang Pariaman tahun anggaran 2012-2013 itu ke Pengadilan Tipikor, pada Kamis (5/3) lalu," kata Kajari Pariaman, Efrianto di Pariaman Selasa (10/3).

Saat ini, kata Efrianto tengah menunggu jadwal sidang yang ditetapkan oleh Pengadilan Tipikor Padang, dalam penanganan perkara ini, pihaknya telah menunjuk tujuh orang jaksa yang akan menjalankan persidangan di Pengadilan Tipikor.
"Dalam kasus ini ada dua tersangka yang  yaitu ND yang merupakan mantan anggota DPRD Padang Pariaman dan pihak ketiga (rekanan) yang merupakan calo tiket berinisial RT," katanya.

Ia menyampaikan, dalam berkas dakwaan dua tersangka ini didakwa dengan pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang Nomor 21 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Untuk kerugian negaea berdasarkan audit yang dilakukan BPK RI Sumbar ditaksir mencapai Rp700 juta," katanya.

Kajari Pariaman ini tidam pungkiri adanya tersangka lain dalam kasus tersebut. Namun, itu sesuai dengan fakta-fakta yang muncul dalam persidangan nantinya.
"Untuk saat ini tersangka masih dua orang ini, apakah ada tambahan tersengka itu tergangtung fakta persidangan nanti," ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman menetapkan dua orang tersangka dalam kasus dugaan mark up tiket pesawat perjalanan dinas yang terjadi di DPRD Kabupaten Padangpariaman tahun anggaran 2012-2013. Penetapan keduanya sebagai tersangka dilakukan pada 8 Mei 2019 yang lalu. 

Kedua tersangka yakni NDN dan RT. NDN merupakan anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman perempuan periode 2014-2019. Sementara RT merupakan agen penjual tiket pesawat.(*)

Reporter : YUHENDRA /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 20:37:30 WIB

    Kejari Solok Kembali Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

    Kejari Solok Kembali Musnahkan Barang Bukti Kejahatan SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Kejaksaan Negri Solok (Kejari) Solok kembali memusnahkan Ribuan gram ganja dan ratusan gram sabu barang bukti (BB) hasil kejahatan di halaman kejaksaan negeri Solok, Kamis (20/2)..
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 19:38:30 WIB

    Berkas P21, Tersangka Dugaan Korupsi Tribun Lapangan Merdeka Kota Solok Diserahkan ke Kejari

    Berkas P21, Tersangka Dugaan Korupsi Tribun Lapangan Merdeka Kota Solok Diserahkan ke Kejari SOLOK , HARIANHALUAN.COM — Kasus dugaan korupsi pembangunan tribun lapangan Merdeka Kota Solok  terus bergulir. Berkas mantan Kepala Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Solok, Jaralis dan Syofia Handayani .
  • Kamis, 07 November 2019 - 15:25:28 WIB

    Kejari Bukittinggi Musnahkan BB Ganja, Sabu dan Ekstasi

    Kejari Bukittinggi Musnahkan BB Ganja,  Sabu dan Ekstasi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bukittinggi kembali memusnahkan barang bukti tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan cara dibakar di halaman Kantor Kejari Bukittinggi, Kami.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:23:48 WIB

    Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Ribuan Miras Oplosan

    Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Ribuan Miras Oplosan PADANG,HARIANHALUAN.COM- ibuan botol  minuman keras (miras) oplosan, puluhan kilogram ganja, dan beberapa paket shabu-shabu yang telah disidangkan dimusnahkan di halaman Kantor Kejari Padang..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:10:16 WIB

    Korupsi RTH, Kejari Dharmasraya Tetapkan 3 Tersangka

    Korupsi RTH, Kejari Dharmasraya Tetapkan 3 Tersangka DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri Dharmasraya tetapkan 3 orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi proyek pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH), di Jorong Sungai Nilai Simpang Silago, Nagari Sungai Kambut, Ke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM