Pemko Sawahlunto Kaji ulang keikutsertaan dalam BPJS


Selasa, 10 Maret 2020 - 15:17:55 WIB
Pemko Sawahlunto Kaji ulang keikutsertaan dalam BPJS Ilustrasi. Layanan BPJS

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Sawahlunto akan mengkaji ulang keikutsertaan dalam Badan Penyelenggara Jasa Sosial (BPJS). Pengkajian ulang itu disebabkan gonjang ganjing naiknya iuran BPJS yang serta merta akan berpengaruh dan menjadikan beban APBD semakin besar.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, saat ini pemerintah daerah membantu masyarakat yant tidak mampu membayar premi BPJS melalui dana APBD, dimana saat ini 98 persen warga Sawahlunto telah memiliki jaminan kesehatan.

"Jika iuran premi ini terus naik, tentu akan sangat betat di APBD kita, untuk itu akan kita kaji kembali, apakah tetap dengan BPJS arau dengan cara lain," sebut Wako saat forum konsultasi publik di Balaikota kemarin.

Walikota juga mengungkapkan, naiknya premi BPJS yang diteapkan Pemerintah Pusat, menyebabkan anggaran yang haris ditanggung di APBD juga membengkak hingga 100 persen dan ini kian membuat devisit semakin besar.

"Karenanya kita akan kembali kaji, apakah kita akan coba kembali terapkan Jaminan Penyelenggara Kesehatan Masyarakat (JPKM) yang telah pernah dilakukan arau dengan meletakkan anggaran di rumah sakit atau puskesmas untuk pelayanan gratis bagi masyarakat," ujarnya.

Intinya sebut Walikota, harus ada kajian ulang terkait apakah besarnya anggaran premi BPJS bisa menghaslkan manfaat lebih maksimal jika dialihkan dengan cara lain dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat.(*)

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM