Inilah 4 Kecamatan di Limapuluh Kota yang Dilewati Tol Padang-Pekanbaru


Selasa, 10 Maret 2020 - 16:24:16 WIB
Inilah 4 Kecamatan di Limapuluh Kota yang Dilewati Tol Padang-Pekanbaru foto Ilustrasi. (detik.com)

LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-Pembangunan jalan bebas hambatan, tol Sumbar-Riau sampai hari ini masih dalam tahap proses sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat terutama terkait pembebasan lahan. Khusus di Kabupaten Limapuluh Kota, pembangunan jalan tol tersebut, bakal melintas di 4 kecamatan.

Yakni Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Harau dan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. "Rencananya, jalan tol membentang di 4 kecamatan. Sekarang masih proses," terang Yunire Yunirman Kepala Dinas PU Kabupaten Limapuluh Kota baru-baru ini.

Di Kabupaten Limapuluh Kota, jalan tol tersebut dimulai dari kawasan Akabiluru setelah dari Kabupaten Agam dan berakhir di Pangkalan dan menyambung ke Bangkinang Riau. Ketika ditanya, berapa kilometer panjang ruas jalan tol yang melewati Limapuluh Kota, Kepala Dinas PU tersebut belum mengetahui pasti secara detilnya.


Sedangkan, Kepala Bidang Binamarga Dinas PU PR Limapuluh Kota Reza Hanif menjelaskan, pembangunan jalan tol dimulai dari Nagari Batu Hampa di Kecamatan Akabikuru. Kemudian lanjut ke Kecamatan Payakumbuh melewati Nagari Sungai Beringin, Nagari Piobang, Nagari Koto Baru Simalanggang, Nagari Koto Tangah Simalanggang.


Bersambung ke Kecamatan Harau melewati Nagari Lubuak Batingkok, Nagari Gurun, Nagari Sarilamak menuju Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Yaitu Nagari Koto Alam, Nagari Manggilang dan Nagari Pangkalan. "Ada beberapa nagari lainnya yang dilewati tapi data pastinya belum final,"kata Hanif.


Secara terpisah, terkait pembangunan jalan tol tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota tengah menelusuri, apakah ada sekolah yang terkena imbas sepanjang jalur pembangunan jalan tol tersebut. "Dinas Pendidikan juga sedang menelusuri, apakah ada sekolah di 4 kecamatan yang terkena pembangunan jalan tol ini. Dari data sementara, ini belum kita temukan,"terang Indrawati Munir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota.


Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru merupakan bagian jalan Tol Trans Sumatera. Tol Padang-Pekanbaru tersebut memiliki panjang 254 kilometer dengan 6 seksi. Yakni seksi I Padang-Sicincin  sepanjang 28 km, seksi II Sincincin-Bukittinggi sepanjang 41 km.

Kemudian, seksi III Bukittinggi-Payakumbuh sepanjang 36 km, seksi IV Payakumbuh-Pangkalan sepanjang 43 km, seksi V Pangkalan-Bangkinang sepanjang 56 km dan seksi VI Bangkinang-Pekanbaru 38 km. Tol penghubung Sumbar-Riau itu, dikerjakan oleh perusahaan plat merah PT Hutamakarya dengan dana APBN senilai Rp 78 Triliun lebih. (*)

loading...
Reporter : DADANG ESMANA /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]