Edukasi Warga, Kejari Pariaman Gelar Jaga Curhat di Pasir Sunur


Selasa, 10 Maret 2020 - 17:07:00 WIB
Edukasi Warga, Kejari Pariaman Gelar Jaga Curhat di Pasir Sunur Kejaksaan Negeri Pariaman dan BPJS Kesehatan gelar Jaga BPJS Kesehatan Curhat di Desa Pasir Sunur Pariaman, Selasa (10/3). YUHANDRA

PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-Guna meningkatkan pelayanan Kejaksaan dan menyapa lebih dekat dengan masyarakat,Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman lakukan Jaksa dan Warga (Jaga) Curhat di Desa Pasir Sunur, Kota Pariaman Selasa (10/9/2020).

"Alhamdulillah hari ini kami dari Kejari Pariaman bisa menyapa masyarakat dengan program Jaga Curhat di Desa Pasir Sunur Pariaman," kata Kajari Pariaman, Efrianto. 

Baca Juga : Mayat Membusuk, NTT Butuh Penanggulang Penyakit

Ia menyampaikan Progaram Jaga Curhat ini merupakan inovasi dari Kejari Pariaman dalam memberikan penerangan hukum kepada masyarakat dan hanya ada di Kejari Pariaman.

"Ini adalah kali kedua kami laksanakan kegiatan ini, pertama di Padang Pariaman dan hari ini di Kota Pariaman, rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan paling tidak satu kali dalam satu bulan di Wilayah Kejari Pariaman," katanya.

Baca Juga : Paket Sembako Dibagikan Lanal Ranai untuk Warga Teluk Buton

Lebih lanjut Efrianto menyampaikan upaya Jaga Curhat ini dinilai sangat efektir dalam mendangarkan keluahan masyarakat dari bernagai masalah. Walaupun pihaknya juga telah menyediakan layanan khusus untuk maysarakat di Kantornya.

"Mungkin masyarakat agak enggan datang ke kantor, saat dilakukan Jaga Curhat ini dilakukan dilapangan terlihat antusias mansyarakat sangat tinggi," katanya.

Baca Juga : Asap Hitam Pabrik Milik BIM Diduga Cemari Udara

Pihak Kejaksaan sengaja melakukan kegiatan ini ditempat yang tidak formal atau lebih santai. Dengan demikian masyarakat akan lebih lugas untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang dihadapinya, baik itu persoalan hukum ataupun persoalan sosial lainya.
"Untuk hari ini kami sengaja mendatangkan BPJS Kesehatan sebagai narasumber, dan banyak pertanyaan yang muncul terkait itu dan semua telah dijawab," kata Efrianto.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Pariaman Sari Rusfa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Kota Pariaman yang sampai saat ini kepersetaan masyarakat Pariaman untuk beserta BPJS sudah mencapai 88,18 pasen. 

Baca Juga : Tayang Perdana dan Bedah Film Mimpi Anak Sakai Digelar di Kampus UMRI

"Artinya ada sekitar 11.020 jiwa lagi yang belum ikut dalam kepersetaan JKN, dalam hal ini Pemko Pariaman melalui beberapa dinas terkait berupaya untuk memperluas cakupan JKN di Kota Pariaman ini," kata Sari.

Salah satu upaya Pemko itu, kata Sari dengan diterbitkanya Peraturan Walikota (Perwako) Pariaman tentang memberikan jaminan kesehatan kepada pegawai hononerer yang ada di Kota Pariaman.

"Selanjutanya juga ada Perwako tentang penjaminan aparatur desa, guru mengaji dan juga penambahan jaminan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu. Dimana awalnya hanya 16 ribu dan sekarang sudah menjadi 24 ribu," katanya.

Artinya lanjut Sari, upaya Pemko Pariaman ini sudah maksimal. Tinggal lagi pihaknya bersama Kejari Pariaman menyisiri masyarakat kahusunya Badan usaha yang memiliki tenaga kerja tetapi belum mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan.(*)

Reporter : YUHENDRA | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]