DPRD Sumbar Dorong SMA/SMK Berinovasi


Selasa, 10 Maret 2020 - 17:23:19 WIB
DPRD Sumbar Dorong SMA/SMK Berinovasi Anggota DPRD Sumbar dari PKB, Donizar, menjemput aspirasi rakyat ke pelosok Nagari.

PADANG,HARIANHALUAN- Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Donizar mendorong SMA/SMK yang ada di kabupaten/kota berinovasi untuk bisa mendatangkan pemasukan bagi diri mereka sendiri.

"SMA/SMK yang saat ini jadi kewenangan provinsi, kalau hanya mengandalkan APBD mereka tidak akan kuat. Maka dari itu kita mendorong SMA/SMK di kabupaten/kota bisa berinovasi, sehingga mereka juga punya pemasukan sendiri selain mengandalkan APBD," ujar Donizar saat berbincang dengan Haluan, di ruangannya Selasa (10/3)

Baca Juga : Hak yang Sama Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus untuk Belajar Daring

Donizar menegaskan, yang ia maksud berinovasi di sini bukanlah memperjualbelikan pendidikan untuk mendapatkan uang masuk, namun SMA/SMK didorong kreatif memberdayakan aset dan kemampuan dari guru dan siswa didik.

"Pemberdayaan aset ini bisa dalam bentuk, jika sekolah itu punya aula, ketika tak ada kegiatan, sewakan saja aula itu pada umum.  bisa juga dengan membentuk kantin sekolah, mini market, dan lain-lain. Kalau sekolah yang ada kreatif mencari pemasukan, kebutuhan mereka yang kurang bisa ditutupi dari sana," ucap politisi PKB tersebut.

Baca Juga : Keutamaan Ramadan, Saat Setan Dibelenggu, Pintu Surga Dibuka, dan Pintu Neraka Ditutup

Lebih lanjut dewan dari Dapil Pasaman-Pasaman Barat ini mengimbau, terhadap SMA/SMK yang ada di daerah agar menjalin kordinasi yang baik dengan pemerintah kabupaten/kota. "Minimal tunjada gurunya saja mereka dapatkan dari situ, kan bagus, kita dorong itu,"tukasnya. (*)

Reporter : LENI | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]