DPRD Sumbar Dorong SMA/SMK Berinovasi


Selasa, 10 Maret 2020 - 17:23:19 WIB
DPRD Sumbar Dorong SMA/SMK Berinovasi Anggota DPRD Sumbar dari PKB, Donizar, menjemput aspirasi rakyat ke pelosok Nagari.

PADANG,HARIANHALUAN- Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Donizar mendorong SMA/SMK yang ada di kabupaten/kota berinovasi untuk bisa mendatangkan pemasukan bagi diri mereka sendiri.

"SMA/SMK yang saat ini jadi kewenangan provinsi, kalau hanya mengandalkan APBD mereka tidak akan kuat. Maka dari itu kita mendorong SMA/SMK di kabupaten/kota bisa berinovasi, sehingga mereka juga punya pemasukan sendiri selain mengandalkan APBD," ujar Donizar saat berbincang dengan Haluan, di ruangannya Selasa (10/3)

Donizar menegaskan, yang ia maksud berinovasi di sini bukanlah memperjualbelikan pendidikan untuk mendapatkan uang masuk, namun SMA/SMK didorong kreatif memberdayakan aset dan kemampuan dari guru dan siswa didik.

"Pemberdayaan aset ini bisa dalam bentuk, jika sekolah itu punya aula, ketika tak ada kegiatan, sewakan saja aula itu pada umum.  bisa juga dengan membentuk kantin sekolah, mini market, dan lain-lain. Kalau sekolah yang ada kreatif mencari pemasukan, kebutuhan mereka yang kurang bisa ditutupi dari sana," ucap politisi PKB tersebut.

Lebih lanjut dewan dari Dapil Pasaman-Pasaman Barat ini mengimbau, terhadap SMA/SMK yang ada di daerah agar menjalin kordinasi yang baik dengan pemerintah kabupaten/kota. "Minimal tunjada gurunya saja mereka dapatkan dari situ, kan bagus, kita dorong itu,"tukasnya. (*)

Reporter : LENI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Maret 2020 - 15:46:30 WIB

    Kunjungan ke Yogyakarta, DPRD Beri Support Mahasiswa Asal Pasbar

    Kunjungan ke Yogyakarta, DPRD Beri Support Mahasiswa Asal Pasbar PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Ketua DPRD Pasaman Barat, Parizal Hafni didampingi oleh anggota Komisi I dan Komisi IV antara lain terlihat Adriwilza, Endra Yama, Rosdi, Ali Nazir, Dodi Wahyudi, Syafnil Dt.Batuah dan anggo.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 23:55:11 WIB

    Dilarang Unjuk Rasa, Mahasiswa UIN Suska Mengadu ke DPRD Riau

    Dilarang Unjuk Rasa, Mahasiswa UIN Suska Mengadu ke DPRD Riau PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM-DPRD Riau didatangi Perwakilan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska), Senin (14/10).Mereka mengadukan kebijakan rektornya yang melarang mahasiswa demonstrasi.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 16:20:59 WIB

    DPRD Padang Larang Aksi Plonco di Sekolah

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS) yang akrab didengar masyarakat tidak boleh dilaksanakan dengan kekerasan fisik terhadap murid baru atau peserta MPLS. .
  • Rabu, 28 Februari 2018 - 19:37:48 WIB

    Pungutan Liar di Sekolah, DPRD Meminta Kepala Sekolah Dicopot

    Pungutan Liar di Sekolah, DPRD Meminta Kepala Sekolah Dicopot PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menilai apapun alasannya, pungutan yang tidak memiliki dasar hukum tetap dilarang. Sehingga pihak sekolah diminta untuk tetap di dalam aturan..
  • Senin, 12 Februari 2018 - 20:37:30 WIB

    DPRD Sumbar Soroti Waktu Ajar Guru

    DPRD Sumbar Soroti Waktu Ajar Guru PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi V DPRD Sumbar berencana kembali memanggil Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar untuk membahas kebijakan 36 jam mengajar yang diberlakukan terhadap guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM