Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita


Selasa, 10 Maret 2020 - 19:37:55 WIB
Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Azwin foto bersama peserta lomba usai kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Padang tahun 2020 di Kyriad Hotel Bumi Minang, Selasa (10/3/2020). Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Padang tahun 2020 bertajuk "Tumbuh Kembangkan Gemar Membaca dan Tingkatkan Prestasi Generasi Muda". Lomba berlangsung di Kyriad Hotel Bumi Minang selama dua hari, 10-11 Maret 2020.

Lomba yang diikuti oleh 44 peserta siswa-siswi SD/MI se-Kota Padang melalui Korwil Pendidikan Kecataman ini menghadirkan juri berpengalaman dari unsur perguruan tinggi, wartawan, dan budayawan.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Azwin.

Azwin mengatakan, untuk meningkatkan motivasi, kecintaan dan kegemaran membaca pada masyarakat khususnya peserta didik sekolah dasar, maka dilaksanakan kegiatan lomba bercerita dengan melibatkan semua stakeholder. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pola pikir anak sebagai harapan masa depan.

"Saya berharap kepada guru pembimbing dan murid selaku peserta, untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kapasitas dan kompetensi anak-anak kita," harap Azwin.

Azwin juga berharap, lomba ini mampu menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media guna menanamkan cinta tanah air, serta mampu menarik minat anak anak tentang buku cerita dan budaya lokal, disamping menumbuhkan cinta tanah air dan budaya nusantara.

"Semoga muncul inovasi dengan beragam keunikan dan kemampuan lebih dalam bercerita, termasuk juga kelucuan dalam memerankan raksasa dan bandit. Tentu dengan sentuhan properti dan alat peraga yang mampu membawa kesuasana yg lebih kuat karakternya," kata Azwin.

Melalui lomba ini, kata Azwin, pihaknya akan melihat dan mengasah anak-anak yang berbakat dan ekspresif dalam bercerita. Apalagi lomba ini diseleksi berjenjang di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat kota Padang, tingkat provinsi hingga nasional, yang diikuti oleh perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

"Kita berharap semoga utusan kota Padang mampu mewarnai ditingkat provinsi, kita cermati bahwa utusan Sumbar tidak pernah absen dalam mengirimkan utusan sejak tahun 2013. Sehingga Sumbar kembali pulang dengan trofi," ulas Azwin.

Dengan begitu, sebut Azwin, bisa menambah motivasi bagi anak-anak para peserta lomba untuk lebih serius dan mengasah diri. Mudah-mudahan tahun ini Kota Padang mampu mewakili Sumatera Barat ditingkat Nasional.

"Kegiatan membaca akan lebih ditingkatkan dan fokus melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah,” imbuh Azwin.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Sosyfiandra berharap agar kota Padang dapat meraih prestasi seperti yang diraih Mariza Ilfani ini ditingkat Nasional. Keberhasilan ini tentu menjadi tolak ukur dalam meningkatkan kerja sama dalam gerakan literasi di Sumbar.

Pihaknya mengaku akan terus berkomitmen menggalakkan gerakan literasi secara menyeluruh. Sehingga, minat membaca semakin tumbuh di tengah generasi muda. Hal ini juga sesuai dengan target program yang dicanangkan Perpustakaan Nasional.

“Salah satunya, menggali cerita berbasis kearifan lokal di Sumbar dan dihimpun sebanyak-banyaknya,” kata Sosyfiandra.

Acara yang digagas melalui Bidang Perpustakaan, yang dilaporkan langsung oleh Firdaus Bachtiar diharapkan, dapat meningkatkan semangat membaca generasi muda dan dapat berjalan dengan lancar dan baik.

"Kami akan menerima masukan dan kritikan demi kebaikan program dan kegiatan ini kedepannya sehingga lebih memberikan warna baru bagi para generasi muda khususnya SD dan MI se Kota Padang," pungkasnya. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM