Gawat..! Pria Lebih Mudah Kena COVID-19, Ini Alasannya


Selasa, 10 Maret 2020 - 20:36:56 WIB
Gawat..! Pria Lebih Mudah Kena COVID-19, Ini Alasannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pasien yang positif mengidap virus Korona COVID-19 semakin banyak. Oleh karena itu, pemerintah pun tengah melakukan tracing dan pengembangan dari para pasien tersebut.

Memang, beberapa orang lebih mudah tertular virus Korona, seperti anak-anak dan lansia. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata pria lebih mudah tertular ketimbang perempuan.

Pakar kesehatan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) memaparkan risiko laki-laki terinfeksi virus Korona jauh lebih besar daripada wanita.

Spesialis Mikrobiologi RSUI Fera Ibrahim mengatakan, berkaca pada kasus SARS yang disebabkan virus Korona jenis lain, reseptor atau penerimaan terhadap enzim pengubah angiotensin atau angiotensin converting enzyme 2 (ACE2) pada laki-laki lebih banyak daripada wanita.

Saat virus SARS muncul, ternyata reseptor ACE2 lebih banyak ada di laki-laki daripada perempuan. Selain itu reseptor ini juga lebih banyak ditemukan pada ras Asia dibandingkan kulit putih dan hitam.

"Sifat virus secara umum akan menginfeksi sel-sel di dalam tubuh kemudian mereplikasi atau menggandakan dirinya," jelas dia seperti dilansir dari Solopos.

Angiotensin-converting enzyme sendiri bisa mengakibatkan sarcoidosis, yakni penyakit peradangan yang ditandai dengan adanya granuloma pada organ tubuh dan jaringan bawah kulit. Pada penderita sarcoidosis, sel-sel di sekitar granulomata akan terus mensekresikan ACE sehingga konsentrasi enzim ini akan meningkat dalam darah.

Peningkatan atau penurunan tingkat ACE dapat menunjukkan perkembangan penyakit ini. Selain itu, dokter juga menggunakan tes ACE untuk mengevaluasi seberapa efektif obat corticoid dalam pengobatan.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM