Heboh, Ada Akun Facebook Meramal Virus Corona Sejak Empat Tahun Lalu


Selasa, 10 Maret 2020 - 22:12:00 WIB
Heboh, Ada Akun Facebook Meramal Virus Corona Sejak Empat Tahun Lalu Ilustrasi

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Akun Facebook bernama Eka Pras (Satru Laras) cukup menyita perhatian. Pasalnya akun dengan foto profil bergambar pria berjaket jeans dan mengenakan blangkon hitam tengah menjadi perbincangan setelah meramal adanya virus corona.

Ketika menerima kabar tersebut, Suara.com kemudian menelusuri ke jejaring sosial Facebook. Benar saja, akun Eka Pras dalam ramalannya menulis akan ada virus corona awal tahun 2020. Postingan itu ditulis empat tahun lalu atau pada 2016.

"Awal tahun 2020 nanti akan ada virus dari China, menyerang hampir 1/3 manusia di bumi.. Mau percaya silahkan.. Tidak juga gapapa.." tulis akun Facebook Eka Pras (Satru Laras) tertanggal 31 Desember 2016 silam.

Postingan itu lalu dikomentari oleh warganet. Saat berita ini ditulis pada Selasa (10/3/20) pukul 00.44 wib, postingan ramalan itu dikomentari sebanyak 24 kali dan 75 kali dibagikan serta ditanggapi 85 netizen.

Pada postingan itu, warga net membubuhi komentar sehari sebelum berita ini ditulis.

Ada wargaet yang memberikan komentar 15 jam sebelum berita ini dibuat. Ini berarti info warga net yang memberi komentar maupun membagikan postingan corona pada akun tersebut juga belum lama.

"Kok bener yaa," komentar Ika W. Yuningsih.

"Akunnya lama tidak online. Buka profilnya orang Blitar sepertinya," tulis Dyah Ayu Retnuka dalam Bahasa Jawa.

"Muridmu memang jos," tulis Pedhie dalam Bahasa Jawa semberi menandai akun Andry Gusnardy.

Dalam bio akun Facebook Eka Pras (Satru Laras) tertuliskan jika pemilik akun berasal dari Blitar dan pernah mengenyam pendidikan di SMKN 1 Udanawu.
Tertulis juga 12 Juni 1997 sebagai tanggal lahir Sang Pemilik akun.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasika Kabupaten Blitar Eko Susanto membenarkan adanya postingan itu. Kata dia postingan itu hanya hasil editan.

"Iya mas (hasil penyuntingan). Ini masih ditelusuri lagi sama anak-anak," kata Eko, Selasa (10/3/20).

Berdasarkan rekam jejak digital yang ada, pengguna akun Eka Pras (Satru Laras) menyunting ramalan itu pada hari Minggu (8/3/2020) lusa lalu. Postingan tentang ramalan virus corona diedit dari aslinya pada pukul 18.23 wib.

"Namanya tulisan itu tergantung yang membaca.. Tinggal ketemu nalarnya atau tidak jika seperti ini," tulis postingan aslinya dalam Bahasa Jawa sebelum akhirnya diubah menjadi postingan ramalan tentang virus corona.

Eko mengaku postingan tersebut sedang ditangani oleh Kominfo. Masyarakat dihimbau agar tak mudah percaya dengan berbagai postingan media sosial yang berpotensi merugikan banyak orang. Pengguna sosial media juga diminta untuk lebih jeli dan melapor bila menemukan ada postingan yang berdampak merugikan banyak orang.

"Saya berharap masyarakat untuk lebih cermat dan berhati-hati, dan melaporkan hal-hal yang mungkin mencurigakan atau meresahkan masyarakat. Kirim saja kontennya ke kami nanti akan kami tindak lanjuti," imbuhnya.(*)

 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]