Keren..! Ini Lingsar Motor Listrik Karya Anak Bangsa


Rabu, 11 Maret 2020 - 05:10:35 WIB
Keren..! Ini Lingsar Motor Listrik Karya Anak Bangsa Uji coba motor listrik Lingsar. Foto : VIVAnews/Satria Zulfikar

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pelajar SMKN 1 Lingsar, Lombok Barat berhasil menciptakan motor listrik yang digunakan khusus untuk mengangkut sampah. Motor listrik bertenaga 3,5 KW atau 3500 Watt diberi nama Lingsar oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Motor tersebut sejalan dengan program zero waste atau tanpa limbah di NTB. Kendaraan tersebut memiliki spesifikasi panjangnya 2,40 m dengan lebar 1 m. Motor ini pun bisa masuk ke gang-gang kecil untuk mengangkut sampah.

Dia mengatakan SMKN 1 Lingsar atau sekolah-sekolah lain di NTB tak akan memproduksi masal kendaraan listrik ini. Yang dilakukan mereka hanya memproduksi prototype atau contoh-contohnya saja.

"Langkah selanjutnya SMK 1 Lingsar akan memanggil UKM-UKM kita di bidang permesinan dan otomotif dan mengajarkan dan mendiskusikan prototype ini ke UKM-UKM kita yang disertai transfer teknologinya," katanya.

Motor-motor itu akan dipesan dan dirakit oleh UKM-UKM di NTB melalui pengawasan atau supervisi SMK 1 Lingsar dan SMK lain.

"Tugas kami Pemda adalah menyediakan pasarnya, membeli produknya untuk kemudian kita pakai sendiri, kita distribusikan ke desa-desa dan sekolah-sekolah agar terjadi learning by doing," ujarnya.

Itu juga sejalan dengan program industrialisasi yang tengah digodok NTB. Dia ingin, NTB tak hanya bisa mengirim barang mentah ke luar, namun justru kembali membeli barang jadi dari bahan mentah yang datang dari NTB. Dia ingin NTB memiliki pabrik sendiri.

Koordinator Pengembangan Teknologi Tepat Guna, SMKN 1 Lingsar, Irwan Ardy Tiadaya menjelaskan kendaraan tersebut memiliki spesifikasi panjangnya 2,40 m dengan lebar 1 m.

Mesinnya memiliki kekuatan 3,5 KW atau 3.500 Watt yang dilengkapi baterai 80 AH sebanyak lima buah. Jarak tempuhnya desain saat ini 70-80 kilometer dengan kecepatan maksimal 35 kilometer per jam. Kendaraan ini didesain untuk angkut sampah.

"Diprediksi kemampuan tempuhnya mencapai 70 sampai 80 km. Charging-nya sekali, dalam kondisi kosong, bisa 8 jam. Charging-nya bisa dari berbagai sumber, bisa dari tenaga matahari dan bisa tenaga listrik PLN," katanya.

Ia juga mengungkapkan awal mula gagasan motor listrik tersebut karena isu polusi dan pemanasan global menjadi latar belakang utama terciptanya motor ramah lingkungan ini. (*)

 Sumber : Vivanews.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 21:30:33 WIB

    Keren..! Nissan Kicks Facelift Bakal Hadir di Tanah Air

    Keren..! Nissan Kicks Facelift Bakal Hadir di Tanah Air HARIANHALUAN.COM -Pasar mobil SUV bakal makin ramai di tanah air. Pasalnya, Nissan Kicks Facelift dikabarkan sudah diluncurkan oleh pihak Nissan dan bakal mengaspal di tanah air..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM