Biro Haji Wajib Punya Disinfektan untuk Semprot Alat Jemaah


Rabu, 11 Maret 2020 - 05:39:49 WIB
Biro Haji Wajib Punya Disinfektan untuk Semprot Alat Jemaah Jemaah haji. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama mewajibkan seluruh penyedia/biro layanan haji memiliki disinfektan untuk disemprotkan ke seluruh peralatan hingga akomodasi para calon jemaah haji. Imbauan tersebut disampaikan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19).

"Menyemprotkan disinfektan dan menyediakan hand sanitizer di seluruh akomodasi jemaah haji Indonesia," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali, dikutip dari CNN, Rabu (11/3/2020).

Instruksi tersebut diterbitkan Ditjen Haji dan Umrah berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Nizar kepada seluruh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala UPT Arama Haji, dan Staf Teknis Haji di KJRI Jeddah.

Nizar turut menegaskan para personel penyedia layanan konsumsi dan transportasi seluruh jemaah haji di Arab Saudi harus bebas virus corona. Kondisi sehat, juga wajib bagi calon jemaah haji saat akan mengikuti manasik haji, baik di tingkat KUA Kecamatan maupun Kemenag Kab/Kota harus dalam kondisi sehat. 

"Jika sedang sakit, jangan dipaksakan," kata dia.

Seluruh Kepala UPT Asrama Haji juga diinstruksikan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat serta instansi terkait lainnya. Kedua pihak tersebut menjadi penanggung jawab kondisi sanitasi dan kebersihan asrama haji agar memenuhi persyaratan kesehatan lingkungan.

Terpisah, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengaku sudah menerima edaran tersebut. Dia menduga hal yang sama juga menjadi perhatian Pemerintah Arab Saudi dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

"Karena saat ini masih dalam tahap negosiasi. SE ini akan kita diskusikan bersama saat pembahasan kontrak nanti," jelasnya.

Tim penyedia layanan haji di Arab Saudi diketahui kini sudah berada di Tanah Suci. Mereka sedang bekerja guna menyiapkan hotel, makanan, dan sarana transportasi jemaah untuk penyelenggaraan haji 1441H/2020 Masehi. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM