Yuk Cicipi Teh Tarik Daun Kelor, Bisa Tangkal Corona


Rabu, 11 Maret 2020 - 05:49:57 WIB
Yuk Cicipi Teh Tarik Daun Kelor, Bisa Tangkal Corona Foto/kompas

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) HKTI 1 Klampok Purwareja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah membuat teh tarik dari daun kelor.

Selama ini, daun kelor kebanyakan hanya digunakan untuk sayur.

Kuni Nafiatul Mubarokah, salah satu siswi mengatakan sebelum diolah, daun kelor diolah lebih dahulu menjadi serbuk.

Caranya cukup mudah. Daun kelor segar dibersihkan lalu dikeringkan dengan oven. Setelah itu ditumbuk hingga menjadi serbuk.

Untuk membuat teh tarik, Kuni tinggal mencampurkan serbuk daun kelor dengan bahan teh tarik lainnya.

"Untuk membuat teh tarik, bahan-bahan yang digunakan sama dengan teh tarik pada umumnya, seperti susu serbuk, susu kental manis, kemudian dicampur dengan serbuk daun kelor," kata Kuni saat ditemui baru-baru ini.

Tak hanya membuat teh tarik. Kuni dan teman-temannya juga membuat kue dengan bahan serbuk kelor.

Pembuatannya pun sederhana, bahan-bahan kue kering dicampur menggunakan serbuk daun kelor dan dioven selama 30 menit.

"Saya buat moringa cookies namanya. Bahan-bahannya ada margarin, gula halus, dimixer dulu, kemudian masukkan keju sama serbuk daun kelor. Dimixer lagi, ditambah santan dan tepung tapioka," ujar Yumna.

Sementara itu Kepala SMK HKTI 1 Purwareja Klampok Nanang Kosim menjelaskan inovasi kuliner dengan bahan utama kelor muncul setelah ada virus corona.

Selama ini daun kelor yang memiliki khasiat kesehatan, kebanyakan hanya digunakan untuk membuat sayur

"Kami berpikir bagaimana membuat produk yang dapat menangkal virus tersebut. Intinya sebenarnya untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga virus tersebut tidak bisa masuk ke dalam tubuh kita," jelas Nanang. 

Kaya anti oksidan

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com pada 29 Agustus 2019, dalam sekitar 20 gram daun kelorterkandung nutrisi protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin B2, vitamin A, dan magnesium.

Tak hanya itu, kelor juga kaya dengan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas serta bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Daun kelor juga mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan.

Hingga saat ini, memang masih belum banyak penelitian yang menyebutkan efek samping konsumsi daun kelor dalam jangka panjang.

Namun para ahli mengkhawatirkan, mengkonsumsi daun kelor secara berlebih bisa menyebabkan mual, diare, dan heartburn.

Meski alami, bukan berarti ekstrak kelor dapat menggunakannya secara sembarangan.

Selain itu, hindari konsumsi ekstrak pohon kelor apabila sedang hamil dan menyusui, untuk mencegah pengaruhnya pada janin dan bayi.

Jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung daun kelor, pastikan suplemen tersebut telah tercatat di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), untuk memastikan keamanannya. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 13:20:46 WIB

    Sebelum Bikin Hand Sanitizer, Kenali Dulu Bahayanya Yuk!

    Sebelum Bikin Hand Sanitizer, Kenali Dulu Bahayanya Yuk! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menyusul mewabahnya virus corona, cairan pembunuh kuman atau hand sanitizer menjadi barang yang paling banyak dicari. Tapi tahu kah kamu, terlalu sering memakai hand sanitizer juga bisa membahayaka.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 10:29:51 WIB

    Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas

    Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Terlebih di hari-hari ini saat wabah virus corona atau Covid-19 menyerang, daya tahan tubuh yang baik diyakini dapat me.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:18:23 WIB

    Yuk Buat Cairan Desinfektan Sendiri untuk Pencegahan Virus Corona

    Yuk Buat Cairan Desinfektan Sendiri untuk Pencegahan Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus corona atau COVID-19 yang hingga kini belum bisa dikendalikan membuat banyak orang kini ekstra menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan tubuh, termasuk benda-benda yang digunakan h.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:14:10 WIB

    WHO Ungkap Virus Corona Tak Bisa Menular Melalui Nyamuk, Simak Yuk!

    WHO Ungkap Virus Corona Tak Bisa Menular Melalui Nyamuk, Simak Yuk! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengan pandemi virus corona saat ini, banyak informasi yang berkembang di masyarakat terkait cara penularan virus tersebut..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 20:08:49 WIB

    Ingin Kuat di Ranjang? Yuk Coba Cicipi Sate Kuda

    Ingin Kuat di Ranjang? Yuk Coba Cicipi Sate Kuda JOMBANG, HARIANHALUAN.COM -- Rumah makan ini mengolah 10 kg daging kuda Sumbawa tiap hari untuk sate. Selain enak, sate kuda banyak diburu sebagai penambah stamina pria..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM