LPPM dan MDM Unand Helat Seminar Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus 


Rabu, 11 Maret 2020 - 10:08:26 WIB
LPPM dan MDM Unand Helat Seminar Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus  Peserta penuh antusias mengikuti Seminar Sehari Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus untuk Dosen Aktif dan Mahasiswa Pascasarjana, Selasa (10/3/2020). (Foto Panpel)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Dalam rangka kinerja penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan inovasi Universitas Andalas 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Majelis Dosen Muda (MDM) Unand menyelenggarakan Seminar Sehari Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus untuk Dosen Aktif dan Mahasiswa Pascasarjana, pada Selasa (10/3/2020).

Acara yang berlangsung pukul 08.30 sampai 16.30 WIB di Gedung Convention Hall Unand Kampus Limau Manis, Kota Padang tersebut ini diikuti oleh 400 orang yang terdiri dari para Dosen khususnya Dosen Muda sebanyak 22,5 % dan Mahasiswa Pascasarjana sejumlah 77,5 % dari berbagai latar belakang disiplin ilmu se-Unand. 

Pada pembukaan acara, Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Mansyurdin, MS, berpesan bahwa semua kebutuhan para Dosen khususnya Dosen Muda dan para Mahasiswa Pascasarjana akan difasilitasi oleh Unand melalui LPPM dalam publikasi artikel ilmiah terindeks scopus, khusus Q1 dan Q2, bukan lagi Q3 dan seterusnya. Fasilitasi itu untuk mewujudkan merdeka belajar, agar tidak ada lagi kesan bahwa masuk Unand itu muda namun keluarnya susah. WR I Unand  juga menyambut dengan gembira dan berterima kasih atas inisiasi acara ini oleh LPPM dan MDM Unand.

Dalam seminar ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Dian Fiantis, seorang Profesor Ilmu Tanah pakar Morfologi dan Klasifikasi Tanah di Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Unand yang juga narasumber di Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Selain produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terindeks scopus, Dian juga produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah populer di The Conversation.com dan media massa lainnya. Dian juga dijuluki sebagai Perempuan Pemburu Abu Vulkanik (Gunung Api). 

Dalam sesi seminar, dimoderatori oleh Prima Fithri, ST., MT., seorang Dosen Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Unand yang juga Anggota MDM dan aktif bekerja di LPPM Unand. Meskipun masih Dosen Muda, Fithri juga produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terindeks scopus. Duo perempuan akademisi yang bertugas sebagai narasumber dan moderator tersebut disambut dengan meriah oleh peserta yang hadir memenuhi lantai 1 dan juga sampai di lantai 2 gedung CH Unand.

Selain sosialisasi dan seminar, dalam acara ini menurut Ketua LPPM Unand, Dr. Ing., Ir. Uyung Gatot S. Dinata, MT., akan dilanjutkan dengan agenda pembagian peserta kelas-kelas klinik lanjutan sesuai bidang ilmu bagi peserta yang sudah menyiapkan data penelitian dan atau draft artikel ilmiah mereka. Kelas Klinik tersebut berjumlah enam kelas dari A sampai F, sesuai dengan bidang keilmuan para Dosen Muda dan Mahasiswa Pascasarjana. Di Kelas Klinik yang akan diselenggarakan secara reguler setiap minggu selama satu semester sesuai dengan kurikulum yang disiapkan oleh LPPM bersama para fasilitator atau narasumber per bidang ilmu. 

LPPM dan MDM Unand akan mengawal para peserta mulai dari awal penulisan sampai publikasi di berbagai jurnal terindeks scopus di dunia. Para Mahasiswa Pascasarjana mulai dilibatkan dan diajak serta dalam beragam kegiatan ilmiah karena disadari bahwa mereka adalah para Calon Dosen Unand juga. Bahkan sebagiannya juga sudah menjadi Dosen di Unand maupun di berbagai kampus di Indonesia. 

Dalam acara ini juga diikuti oleh beberapa orang Mahasiswa asing atau internasional yang sedang belajar atau kuliah di Unand. Oleh sebab itu, pada Kelas Klinik nantinya juga akan diselenggarakan Kelas Internasional. Sebab sebagian dari para Mahasiswa Asing atau Internasional tersebut belum bisa berbahasa Indonesia.(*)

 Sumber : Siaran Pers /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM