Kematian Ratusan Ternak Babi di Pasaman Sudah Tertangani dengan Baik


Rabu, 11 Maret 2020 - 13:48:09 WIB
Kematian Ratusan Ternak Babi di Pasaman Sudah Tertangani dengan Baik ilustrasi flu babi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kasus kematian ratusan ekor ternak Babi di Panti, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, sudah tertangani dengan baik. Kematian ratusan ekor babi itu disebabkan virus Afrika Swine Fever (ASF) alias virus flu Afrika.

"Masalah ini sudah selesai dan sudah tertangani dengan baik. Sudah tidak ada masalah lagi sampai akhir Desember kemarin," ungkap Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romi Zuswandi, Rabu. 

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Sebelumnya, 205 ekor ternak babi dikabarkan mati mendadak pada 2 Desember 2019. Semula, penyebab kematian ternak babi tersebut masih misterius. Namun, setelah diteliti, kematian ratusan ekor babi itu disebabkan virus.

"Ratusan ekor babi itu sudah dimusnahkan, dengan cara dikubur pada saat juga. Kalau sekarang, sudah tidak ada lagi. Bahkan, pemusnahan ratusan babi yang terinfeksi virus ASF ini juga disaksikan pihak Kementan," kata Romi. 

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Pihaknya, kata dia, juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kandang dan ternak babi yang masih sehat. Virus ini, kata dia, tidak menular kepada manusia. 

"Kalau mati harus dikubur, bukan dengan cara dibuang ke sungai. virus ini bisa mati jika diberi disinfektan, dan itu sudah kami lakukan saat pertama kali kasus ini mencuat," ungkap Romi. 

Baca Juga : Persentase Sembuh Pasien Covid-19 Padang Panjang Tertinggi di Sumbar

Bahkan, kata Romi, pihaknya masih melakukan pemantauan dan pengawasan ketat terhadap ternak babi yang masih tersisa di wilayah itu agar tidak muncul gejala serupa. 

"Terakhir, hanya tersisa empat ekor saja. Pengawasan masih dilakukan dengan ketat. Kematian ratusan ternak babi itu jelas merugikan peternak setempat," ujar Romi. (*)

Baca Juga : Mantap! 57 Siswa SMA 1 Sumbar Sembuh dari Covid-19

Reporter : Yudhi Lubis | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]