PIB 2020 akan Bahas Topik Virus Corona


Rabu, 11 Maret 2020 - 17:30:21 WIB
PIB 2020 akan Bahas Topik Virus Corona FOTO BERSAMA – Ketua Panitia Penyelenggara Pertemuan Ilmiah Berkala  (PIB) 2020 dr. Harnavi Harun, SpPD, KGH, FINASIM, bersama Ketua Subbagian Hematologi dan Onkologi Medik RS M Djamil Dr dr Irza Wahid SpPD, KHOM, FINASIM, Ketua Bagian Penyakit Dalam RS M Djamil DR dr. Najirman SpPD-KR FINASIM, dr. Eifel Faheri SpPD, KHOM serta panitia lainnya, usai jumpa pers PIB 2020, di RS M Djamil, Rabu (11/3).  ATVIARNI

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Saat ini angka kesakitan dan kematian akibat penyakit di bidang Ilmu Penyakit Dalam di seluruh dunia termasuk Indonesia, semakin meningkat. Karena itu dibutuhkan peningkatan pelayanan oleh para dokter spesialis penyakit dalam dan dokter umum sehingga dapat memberikan tatalaksana yang komprehensif untuk masyarakat.

Apalagi, semakin berkembangnya ilmu kedokteran termasuk di bidang Ilmu Penyakit Dalam membuat semua klinisi membutuhkan update ilmu terbaru untuk meningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. 

Seiring dengan itu bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M.Djamil Padang / Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengadakan  "Pertemuan Ilmiah Berkala XX 2020 (PIB XX-2020)” yang membahas semua topik-topik ilmiah terkini di bidang Ilmu Penyakit Dalam, yang sering ditemui dalam praktik sehari-hari. Termasuk tentang wabah sedang berkembang dan menjadi kecemasan kita semua saat ini, yaitu penyakit akibat virus corona.

Acara yang digelar rutin setiap tahunnya untuk kedua puluh kalinya ini diketuai oleh dr. Harnavi Harun, SpPD,KGH, FINASIM. “Kita ketahui, perkembangan Ilmu Penyakit Dalam dari waktu ke waktu sangat pesat sehingga sangat menarik untuk dibahas agar para klinisi selalu dapat mengikuti perkembangan ilmu terbarunya,” kata Harnavi, kepada wartawan di RS M Djamil, Rabu (11/3).

Iven yang akan digelar pada Jumat-Minggu (13-15 Maret 2020) di Pangeran Beach Hotel ini, terdiri atas workshop ilmiah yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2020 dan simposium ilmiah pada 14-15 Maret 2020. “Insya Allah kita akan terus menggelar iven ilmiah ini setiap tahunnya karena sangat tingginya minat para klinisi terutama dokter umum yang bekerja di layanan primer untuk mengetahui perkembangan ilmu terbaru di bidang Ilmu Penyakit Dalam,” tambahnya.

Ditambahkan Ketua Subbagian Hematologi dan Onkologi Medik RS M Djamil Dr dr Irza Wahid SpPD, KHOM, FINASIM, kegiatan ini diadakan sebagai salah satu kegiatan ilmiah yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pertemuan ilmiah ini telah menjadi kegiatan rutin tahunan bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. “Sekitar 500 peserta ditargetkan mengikuti kegiatan ini, dari berbagai daerah di Sumbar, Riau, Kepri dan Bengkulu. Bahkan untuk mengantisipasi peminat yang terus bertambah, panitia juga masih menerima pendaftaran di hari pelaksanaan kegiatan (on site),” kata Irza.

“Pertemuan ilmiah ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai diagnosis dan tatalaksana di bidang Ilmu Penyakit Dalam oleh dokter layanan primer dan dokter spesialis Penyakit Dalam di era JKN- BPJS ini,” tambah Ketua Bagian Penyakit Dalam RS M Djamil DR dr. Najirman SpPD-KR FINASIM.

Berbagai kegiatan yang telah disusun antara lain adalah kuliah umum dan diskusi kasus yang mendatangkan pakar ginjal hipertensi yang terkemuka di Indonesia dan dunia dari Jakarta yaitu Prof. Prof. Dr. dr. Idrus Alwi, SpPD, KKV, FINASIM, FACC, FESC, FAPSIC dan Prof. dr. Jose Roesma, SpPD-KGH, PhD, simposium dan workshop ilmiah yang akan diisi oleh pakar Penyakit Dalam di Sumbar. Berbagai topik baru dan menarik akan dibahas dalam PIB XX-2020 kali ini.

Selain untuk klinisi dokter, PIB XX-2020 kali ini juga akan mengadakan simposium untuk masyarakat awam membahas tentang penggunaan CAPD untuk pasien gagal ginjal dan penyakit imunologi yang saat ini banyak berkembang di masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bidang kesehatan terutama di bidang Ilmu Penyakit Dalam. (h/atv)

Reporter : atviarni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 05:09:03 WIB

    Tingkatkan Mutu Produksi dengan CPIB

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN -- Dinas Perikanan Limapuluh Kota terus berupaya untuk meningkatkan mutu produksi ikan dengan berbagai upaya di daerah itu. Salah satunya dengan menggelar Cara Pem­benihan Ikan yang Baik (CPIB). Kegiat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM