Perilaku Buang Air Sembarangan di Pessel Menurun


Rabu, 11 Maret 2020 - 17:39:58 WIB
Perilaku Buang Air Sembarangan di Pessel Menurun Lisda Hendrajoni menggelar deklarasi stop BABS di Kecamatan Ranah Pesisir.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 73 nagari yang tersebar pada 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, masyarakatnya tidak lagi berperilaku buang air besar sembarangan (BABS). "Dari 73 nagari yang tersebar di Pessel, 10 nagari diantaranya terdapat di Kecamatan Silaut, semua masyarakatnya tidak lagi BABS," kata Ketua TP PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni usai deklarasi stop BABS di Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (11/3).

Sementara itu, 10 nagari di Kecamatan Ranah Pesisir, tiga diantaranya sudah tidak lagi BABS dan sisanya bakal dituntaskan secara bertahap tahun ini. "Jelang akhir 2021, Pemkab Pessel menargetkan seluruh nagari BABS," ujar Lisda yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi NasDem ini.

Mewujudkan hal tersebut, sangat dibutuhkan sosialisasi secara menyeluruh ke masyarakat, termasuk pengalokasian anggaran baik dari nagari maupun dari kabupaten. Sebab, perilaku buang air besar sembarangan berpotensi memicu berbagai penyakit seperti diare, kolera, serta menjadikan lingkungan sekitar tidak sehat. "BABS tidak hanya merugikan pelaku, namun juga keluarga dan masyarakat sekitar," tuturnya.

Hanya saja, kata Lisda, perilaku BABS oleh sebagian masyarakat masih dilakukan karena berbagai faktor mulai dari kekurangan informasi hingga persoalan ekonomi. "Misalnya, ada masyarakat yang sadar namun mereka tidak memiliki uang untuk membuat jamban sehat. Nah, dalam hal ini sangat perlu dukungan anggaran dari pemerintah setempat," ucapnya.

Kegiatan stop BABS di Ranah Pesisir, diakhiri dengan penandatangan deklarasi oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang saat itu diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Emirda Ziswati, Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (*)

Reporter : Okis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Maret 2016 - 04:01:45 WIB

    Penderita HIV/AIDS Berperilaku LGBT

    SOLSEL, HALUAN — Dari 26 orang yang terjangkit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Solok Selatan (Solsel) di antaranya ada yang berperilaku seks menyimpang atau lesbian, gay, bisek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM