Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma 


Rabu, 11 Maret 2020 - 18:19:23 WIB
Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma  Lisda Hendrajoni foto bersama pejabat terkait usai deklarasi BABS di Kecamatan Ranah Pesisir.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, meminta walinagari pada masing-masing wilayah kerja agar mengalokasikan anggarannya untuk pemberdayaan perempuan melalui kelompok Dasawisma. 

"Kami berharap alokasi dana desa pada masing-masing nagari jangan hanya fokus pada fisik saja, namun manfaatkan juga untuk pemberdayaan masyarakat," ujar Lisda Hendrajoni saat memberi kata sambutan pada Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, di Pantai Sumedang Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (11/3).

Baca Juga : LKS LU Salindung Bulan Padang Panjang Berikan Parsel kepada Lansia

Menurutnya, agar upaya tersebut dapat tercapai maksimal, maka kepada camat diharapkan turut mendorong walinagari agar memaksimalkan dana nagari untuk kegiatan PKK. Sebab, banyak kegiatan yang dapat dibiayai melalui dana nagari, seperti sosialisasi tentang gizi dan pola hidup sehat.

"Hal ini kami sampaikan agar ibu-ibu PKK di nagari dapat meningkatkan pengetahuannya terhadap gizi dan pola hidup sehat. Sebab, merekalah yang bertanggung jawab penuh dalam memenuhi gizi keluarga," katanya.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Padang Panjang Minta Warga dari Rantau Isolasi Mandiri

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Emirda Zizwati, menyebutkan, agar semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari perlu kembali ditumbuhkembangkan di lingkungan masyarakat.

"Semangat gotong royong perlu dibangkitkan kembali agar lingkungan sekitar tetap terjaga. Sebab, sebuah pekerjaan berat jika dikerjakan secara bersama, maka hasilnya akan terasa ringan," tuturnya.
  
Dia juga meminta walinagari dan camat selalu berkoordinasi dengan baik agar bisa menjawab kebutuhan perempuan di wilayah kerja masing-masing. Tujuannya, agar pemberdayaan masyarakat dapat lebih ditingkatkan. "Harapan ini kami sampaikan, agar sepuluh 10 program prioritas PKK bisa terlaksana secara maksimal guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di Pesisir Selatan," ujarnya. (*)

Reporter : Okis | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]