Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma 


Rabu, 11 Maret 2020 - 18:19:23 WIB
Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma  Lisda Hendrajoni foto bersama pejabat terkait usai deklarasi BABS di Kecamatan Ranah Pesisir.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, meminta walinagari pada masing-masing wilayah kerja agar mengalokasikan anggarannya untuk pemberdayaan perempuan melalui kelompok Dasawisma. 

"Kami berharap alokasi dana desa pada masing-masing nagari jangan hanya fokus pada fisik saja, namun manfaatkan juga untuk pemberdayaan masyarakat," ujar Lisda Hendrajoni saat memberi kata sambutan pada Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, di Pantai Sumedang Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (11/3).

Menurutnya, agar upaya tersebut dapat tercapai maksimal, maka kepada camat diharapkan turut mendorong walinagari agar memaksimalkan dana nagari untuk kegiatan PKK. Sebab, banyak kegiatan yang dapat dibiayai melalui dana nagari, seperti sosialisasi tentang gizi dan pola hidup sehat.

"Hal ini kami sampaikan agar ibu-ibu PKK di nagari dapat meningkatkan pengetahuannya terhadap gizi dan pola hidup sehat. Sebab, merekalah yang bertanggung jawab penuh dalam memenuhi gizi keluarga," katanya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Emirda Zizwati, menyebutkan, agar semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari perlu kembali ditumbuhkembangkan di lingkungan masyarakat.

"Semangat gotong royong perlu dibangkitkan kembali agar lingkungan sekitar tetap terjaga. Sebab, sebuah pekerjaan berat jika dikerjakan secara bersama, maka hasilnya akan terasa ringan," tuturnya.
  
Dia juga meminta walinagari dan camat selalu berkoordinasi dengan baik agar bisa menjawab kebutuhan perempuan di wilayah kerja masing-masing. Tujuannya, agar pemberdayaan masyarakat dapat lebih ditingkatkan. "Harapan ini kami sampaikan, agar sepuluh 10 program prioritas PKK bisa terlaksana secara maksimal guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di Pesisir Selatan," ujarnya. (*)

Reporter : Okis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:04:53 WIB

    Walinagari Tabiang Tinggi Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jorong Sidomulyo

    Walinagari Tabiang Tinggi Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jorong Sidomulyo DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Walinagari Tabiang Tinggi menyerahkan bantuan sembako dan uang duka untuk korban kebakaran di Jorong Sidomulyo, Nagari Tabiang Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya..
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 20:38:36 WIB

    23 Nagari di Agam Batal Mengikuti Pemilihan Walinagari 2016? Ini Alasannya

    23 Nagari di Agam Batal Mengikuti Pemilihan Walinagari 2016? Ini Alasannya AGAM, HALUAN- Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Agam yang direncakan pada Desember 2016 diketahui batal. Salah satu penyebab tertundanya pesta demokrasi tersebut karena tidak cukupnya anggaran. .
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:08:22 WIB

    Bupati Lantik Empat Walinagari di Solsel

    Bupati Lantik Empat Walinagari di Solsel SOLSEL, HALUAN — Bupati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria melantik empat wa­linagari Periode 2016-2022 sekaligus di Halaman Kantor Camat Sungai Pagu, Kamis, (28/7). Empat orang walinagari yang dilantik tersebut masing-.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 05:43:28 WIB

    Dandim 0307 Ajak Walinagari untuk Kompak

    BATUSANGKAR, HALUAN — Dalam menghadapi suasana nyaman menjelang lebaran Idul Fitri 1437 H di Luhak nan Tuo, perlu terjalin suasana kompak dan ko­munikasi sosial antara aparatur Pemerintah Daerah, jajaran Kodim 0307 Tanah .
  • Rabu, 23 Desember 2015 - 02:34:46 WIB

    Walinagari Batu Hampa Harapkan Peningkatan Jalan

    Walinagari Batu Hampa Harapkan Peningkatan Jalan PAINAN, HALUAN — Mas­ya­rakat kecamatan Bayang dan kecamatan Koto XI Tarusan Pessel mengha­rapkan kepada Pemda Pes­sel untuk peningkatakan pembangunan status jalan yang menghubungkan kena­garian Batu Hampa keca­matan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]