Lagi! Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Payakumbuh


Rabu, 11 Maret 2020 - 18:48:49 WIB
Lagi! Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 di Payakumbuh Penangkapan terduga teroris di Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menciduk salah seorang terduga teroris pada Rabu (11/3) sekitar pukul 14.30 WIB. Terduga yang ditangkap tersebut diketahui bernama Yudi alias Didi, warga RT 03 RW 01 Kelurahan Bulakan Balaikandi, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Penggerebekan terhadap terduga Yudi dilakukan di rumah mertuanya yang berada tidak jauh dari kantor DPRD Kota Payakumbuh. Penangkapan terduga teroris ini dilakukan dengan pengawalan ketat anggota Densus berikut senjata lengkap serta pengawalan dari Polres Payakumbuh.

Ketua RT 03, Hariantoni menjelaskan, terduga ini baru enam bulan terakhir menetap dirumah mertuanya. Sebelumnya, pria tersebut tinggal di Pekanbaru. "Baru enam bulan yang bersangkutan tinggal disini. Yudi disini membuka bengkel dan masih ber-KTP Pekanbaru," ucap Hariantoni.

Sedangkan, Lurah Bulakan Balaikandi, Indra mengatakan, warganya itu ditangkap Densus 88 karena adanya dugaan terorisme. "Tadi kita mendapatkan laporan, ada warga yang ditangkap Densus. Satu warga atas nama Yudi," ucap Lurah.

Usai penangkapan, dilakukan penggeledahan di rumah mertua terduga. Tim Densus menyita sejumlah barang bukti, diantaranya enam unit ponsel, laptop, pisau sangkur, anak panah serta sejumlah dokumen lainnya. Sekitar pukul 17.00 WIB, penggeledahan selesai dilakukan. Terduga Yudi dibawa tim Densus 88 ke Mapolda Sumbar.

Sebelumnya, Densus 88 Mabes Polri menangkap lima orang terduga teroris di Sumatera Barat. Termasuk seorang tukang terapis bekam dan ruqyah yang tinggal di Kelurahan Koto Tangah, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh pada 13 Agustus 2018 lalu. Terduga teroris yang biasa dipanggil Yusuf itu, tidak diciduk di rumah kontrakannya, melainkan ketika ia mengantarkan istrinya pergi mengajar ke salah satu lembaga pendidikan Islam di Kota Payakumbuh.

Kemudian, pada 21 Desember 2016 lalu juga ditangkap seorang terduga teroris. JT alias HT, terduga teroris yang ditangkap di Kelurahan Balai Nan Duo, Payakumbuh, Sumatera Barat, dikabarkan pernah meracik bom bersama seorang teroris berinisial AZ. Dia sudah lama diburu aparat. (*)

Reporter : Dadang /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM