Antisipasi Corona, RSUP M. Djamil Padang Siapkan Infrared Thermometer


Rabu, 11 Maret 2020 - 20:20:19 WIB
Antisipasi Corona, RSUP M. Djamil Padang Siapkan Infrared Thermometer Seorang pengunjung RSUP DR. M. Djamil Padang diperiksa menggunakan infrared thermometer.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, RSUP DR. M. Djamil Padang menyiapkan alat pendeteksi virus tersebut. Alat yang disebut infrared thermometer ini dipakai untuk mendeteksi suhu tubuh bagi setiap pengunjung yang datang. Pemeriksaan ini mulai diberlakukan pada Kamis (12/2). 

Direktur Utama RSUP DR. M. Djamil Padang, Yusirwan Yusuf mengatakan, kondisi penyebaran virus corona ke Indonesia ini tidak ada batasannya. Baginya, sudah saatnya di tempat publik melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung, termasuk M Djamil yang menjadi rujukan kesehatan bagi masyarakat di Sumbar pada umumnya. 

"Beberapa pintu masuk mulai besok sudah mengunakan alat thermometer infrared. Ini untuk pengaman petugas, tidak perlu bersentuhan, dilakukan pemeriksaan sampai 5 Centimeter di kening," ujar Yusirwan kepada wartawan, Rabu (11/3). 

Ditambahkannya, apabila ditemukan pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 37,5 derajat celsius, maka langsung dilakukan penanganan sesuai ketentuan, salah satunya membawa pengunjung tersebut ke ruang isolasi yang sudah disiapkan. Jika sudah, pemeriksaan swab juga akan dilakukan. 

"Ini untuk menghindari banyaknya penyebaran nantinya. Pengunjung jangan terkejut, dengan scanner masuk rumah sakit bisa terdeteksi, kalau ada gejala bisa ditangani langsung," katanya. 

Pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung ini akan dilakukan di beberapa titik kawasan RSUP M Djamil Padang, diantaranya pintu masuk gedung poliklinik, Intalasi Gawat Darurat (IGD) serta ruang inap Paviliun Embun Pagi khusus penyakit dalam. Pemeriksaan ini akan rutin dilakukan. 

"Mudah-mudahan tak ada yang terinfeksi corona disini. Corona ini sakit flu, kumannya baru jadi gejalanya lebih berat. Cara mengatasinya adalah dengan pola makan teratur dan banyak makan buah," tuturnya. 

Thermometer infrared merupakan alat pengukur suhu yang sangat akurat. Untuk saat ini alat yang disediakan baru lima unit dan merupakan milik pribadi RSUP M Djamil. Dalam penanganan pasien terjangkit corona, RSUP M Djamil Padang juga telah menyiapkan empat ruangan khusus isolasi, plus 10 ruangan yang disipakan dalam kondisi darurat. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]anhaluan.com