4 Saran yang Dipercaya Cegah COVID-19 Ini Ternyata Hoaks


Rabu, 11 Maret 2020 - 20:35:47 WIB
4 Saran yang Dipercaya Cegah COVID-19 Ini Ternyata Hoaks Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah COVID-19 kini telah menyebar dan menjangkit hampir ratusan ribu orang di puluhan negara. Bukan hanya di China saja namun juga diberbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Namun hingga saat ini, belum ditemukan obat yang mampu menyebuhkan penyakit COVID-19. Banyak masyarakat yang tak tahu fakta tersebut.

Meski demikian banyak beredar informasi bohong alias hoaks di sosial media mengenai saran makanan dan minuman untuk mencegah bahkan menyembuhkan penyakit COVID-19. Seperti dilansir dari BBC, ini sejumlah saran hoaks yang dibagikan di internet.

1. Konsumsi bawang putih

Banyak tulisan di sosial media, seperti Facebook, yang menyebut bahwa memakan bawang putih mampu mencegah infeksi virus corona.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bawang putih "adalah makanan sehat yang memiliki zat antimikroba", namun belum ada bukti memakan bawang putih mampu melindungi tubuh dari paparan virus corona.

Di banyak kasus, solusi semacam ini tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, sepanjang jumlahnya sesuai dengan anjuran dokter dan kesehatan manusia. walaupun kenyatannya, saran ini memiliki potensi bahaya.

Seperti laporan South China Morning Post yang mengabarkan bahwa seorang perempuan harus menjalani perawatan rumah sakit karena menderita radang tenggorokan parah akibat memakan 1,5 kilogram bawang putih mentah.

2. Minum air mineral ajaib

YouTuber Jordan Sather, yang memiliki ribuan pengikuti di beragam platform sosial media, telah mengklaim terdapat sebuah "suplemen mineral ajaib", disebut MMS, yang mampu "menghapus" virus corona dari tubuh. MMS mengandung chlorine dioxide - zat pemutih.

Sather dan orang lain mempromosikan MMS bahkan sebelum virus corona mewabah, dan pada Januari lalu, ia mencuit di Twitternya bahwa bukan hanya chlorine dioxide berfungsi sebagai pembunuh sel kanker yang efektif, ia juga dapat menghapus virus corona.

3. Meminum mineral koloid perak

Minum mineral koloid perak pertama kali dipromosikan dalam acara televangelist AS Jim Bakker. Koloid perak adalah partikel kecil dari logam yang tersuspensi dalam cairan.

Seorang tamu di acara itu mengklaim koloid perak mampu membunuh beberapa jenis virus korona dalam waktu 12 jam. Walaupun ia mengakui koloid itu belum diuji pada COVID-19.

Nasihat pengobatan itu menyebar luas dan dibagikan banyak orang di Facebook, terutama oleh kelompok penganut paham "kebebasan medis" yang sangat curiga terhadap saran medis umum.

Para pendukung koloid perak mengklaim zat itu dapat mengobati semua jenis penyakit, bertindak sebagai antiseptik, dan membantu sistem kekebalan tubuh.

Otoritas kesehatan AS turun tangan dengan menyatakan dengan tegas bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa jenis perak ini mampu dan efektif dalam mengobati penyakit.

Sebaliknya, perak itu dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti kerusakan ginjal, kejang dan argyria - suatu kondisi yang membuat kulit membiru. Otoritas kesehatan AS mengatakan bahwa, tidak seperti besi atau seng, perak bukanlah logam yang memiliki fungsi dalam tubuh manusia.

4. Minum setiap 15 menit

Salah satu tulisan yang disalin, ditempel dan dibagikan berkali-kali di akun-akun Facebook, mengutip seorang dokter Jepang yang merekomendasikan minum air setiap 15 menit dapat membasmi virus yang mungkin masuk ke mulut.

Bahkan, tulisan ini dalam versi bahasa Arab telah dibagikan lebih dari 250 ribu kali. Namun Profesor Bloomfield mengatakan, tidak ada bukti sama sekali bahwa cara ini dapat membantu.

Virus di udara masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan ketika bernapas. Beberapa di antaranya mungkin masuk ke mulut. "Tetapi minum air secara terus-menerus tidak akan mencegah terkena virus."

Meskipun demikian, mengosumsi air minum dan tetap terhidrasi umumnya merupakan nasihat medis yang baik.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 22:18:49 WIB

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Studi dari Monash University dan Doherty Institute bekerja sama dalam penelitian terbaru mereka terkait obat ivermectin yang diklaim ampuh atasi virus corona COVID-19. Obat tersebut bahkan disebut .
  • Ahad, 05 April 2020 - 22:44:35 WIB

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari .
  • Senin, 23 Maret 2020 - 19:47:02 WIB

    Alasan 14 Hari di Rumah Saja Bisa Selamatkan Ribuan Orang dari Virus Corona

    Alasan 14 Hari di Rumah Saja Bisa Selamatkan Ribuan Orang dari Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menanggulangi virus corona atau COVID-19, pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat untuk belajar, beribadah dan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). Imbauan ini terkait dengan anju.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 04:34:48 WIB

    Wabah Corona, IDI Jelaskan Pentingnya Keharusan Libur 14 Hari

    Wabah Corona, IDI Jelaskan Pentingnya Keharusan Libur 14 Hari HEALTH,HARIANHALUAN.COM- Sejumlah pemerintah daerah telah menetapkan libur 14 hari bagi sekolah-sekolah dalam merespons penyebaran virus korona atau Covid-19. Namun masih ada yang membangkang..
  • Senin, 16 Maret 2020 - 21:54:32 WIB

    Antisipasi Corona, Batam Siapkan Rp4 Miliar

    Antisipasi Corona, Batam Siapkan Rp4 Miliar JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan dana sekitar Rp 4 miliar untuk digunakan dalam penanganan pencegahan penularan virus Covid-19 yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehata.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM