ATM Sehat Antar Ketua STIKes Indonesia Padang Raih Berbagai Penghargaan Internasional


Rabu, 11 Maret 2020 - 20:40:52 WIB
ATM Sehat Antar Ketua STIKes Indonesia Padang Raih Berbagai Penghargaan Internasional Dr. Budhi Mulyadi, Ketua STIKes Indonesia Padang.

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Tidak hanya berperan sebagai tenaga pendidik, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja. Begitulah sosok Dr. Budhi Mulyadi, PNSD LLDikti Wilayah X sekaligus sebagai Ketua STIKes Indonesia Padang.

Dengan segudang aktivitas ia masih mampu berkarya hingga menciptakan sebuah produk dengan nama "ATM Sehat". ATM Sehat ini yang telah mengantarkan Budhi meraih berbagai penghargaan internasional dan saat ini tengah menjalani uji coba di beberapa daerah.

"Saat ini sebanyak 4 unit produk ATM Sehat sedang menjalani piloting di Jakarta dan Bali. ATM Sehat ini diperuntukkan bagi instansi dan perusahaan sebagai alat untuk cek kesehatan bagi pegawai yang bekerja disana," ujar Budhi kepada Haluan.

Bersama timnya yang berjumlah 37 orang ia menyebutkan telah berhasil mendapatkan penghargaan dari  Tanoto student research award tahun 2017 dan Juara tingkat Nasional inovasi mahasiswa dari Kemenristek dikti pada tahun 2077. Selain itu ia kerap diundang kebeberapa negara untuk mempresentasikan produk ATM Sehat seperti Singapura, Filiphina, Hongkong, hingga Inggris. Hingga yang terbaru pada 2019 ia berhasil menyabet medali emas di ICT AWARD ASEAN AICTA di Laos.

Ia menyampaikan ATM Sehat ini merupakan sarana media multifungsi berbasis android di tempat fasilitas umum (public area). Produk  bermanfaat untuk memberikan masyarakat pengetahuan tentang  kesehatan, konsultasi dokter, database kesehatan, obat-obat emergency, dan alat pacu jantung yang dapat digunakan oleh semua orang.

"Latar belakang saya bersama tim menggagas produk ini adalah masalah kesehatan di Indonesia yang belum berjalan dengan optimal. Menurut saya inovasi produk ini sebagai bentuk langkah menanggulangi keterbatasan dana, tenaga, dan fasilitas kesehatan yang menjadi kendala terbesar kesehatan Indonesia," papar ia.

Ia menyampaikan produk ATM Sehat merupakan alat kesehatan jarak jauh multifungsi yang berbentuk tempat penyimpanan obat dan first aid, dilengkapi layar touchscreen yang berisikan berbagai fitur Telehealth, pengukur tekanan darah otomatis, dan dapat ditambahkan alat monitoring kesehatan tertentu. Alat ini akan menjadi Telehealth station di lingkungan masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi dan alat Telehealth.

Bagaimana wujud ATM Sehat ini?, kita tunggu kehadirannya di Sumatera Barat.(*)

loading...
 Editor : dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]