Dampak Wabah Corona, Harga Sepatu Terancam Naik


Rabu, 11 Maret 2020 - 20:52:41 WIB
Dampak Wabah Corona, Harga Sepatu Terancam Naik Pabrik sepatu. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) menyebut wabah virus korona di China mengganggu pasokan bahan baku sepatu. Hal ini membuat produksi sepatu turun dan harga bisa terancam.

Direktur Eksekutif Aprisindo, Firman Bakri mengaku industri sepatu tak biasa menyetok dan memesan bahan baku sesuai permintaan. Selama ini, kata dia, bahan baku sepatu sangat tergantung dari China.

Baca Juga : Pemprov Riau Mulai Sosialisasikan Inpres Nomor 2 Tahun 2021

"Dengan kondisi itu, industri kita tidak melakukan stok bahan baku, kita hanya beli bahan baku untuk diproduksi sesuai jumlah yang di-order, masalahnya saat Januari, Februari ada outbreak virus korona," ujar Firman di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dia menyebut, terhambatnya bahan baku dari China saat ini membuat produksi sepatu turun 20 persen. Jika bahan baku tak masuk hingga akhir Maret, maka produksi terancam turun hingga 50 persen.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Harga Sayuran Alami Penurunan

"Dalam kondisi normal paling lambat bahan baku masuk Maret tapi dalam kondisi sekarang, jelek-jeleknya pertengahan April dan potensi produk sepatu masuk ke pasar saat Lebaran terlambat itu," kata dia.

Kondisi tersebut, kata Firman, bakal membuat industri harus menggenjot produksi sesuai pesanan distributor sepatu bermerek. Namun, biaya produksi bisa meningkat untuk membiayai lembur pekerja yang mengejar target.

Baca Juga : Bank Nagari Salurkan 200 Kg Rendang untuk Korban Bencana NTT

"Harga bisa naik 10 persen setelah bahan baku dikirim kita harus kejar waktu. Itu harga termasuk shipping itu harga produk naik 10 persen," ucap dia.(*)

Editor : Dodi | Sumber : iNews.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]