Forum Anak Kota Arang Minta Restu Deri Asta Bentuk APSAI


Kamis, 12 Maret 2020 - 10:00:42 WIB
Forum Anak Kota Arang Minta Restu Deri Asta Bentuk APSAI Ketua FAKA Sawahlunto bersama pengurus saat audiensi dengan Wako terkait pembentukan APSAI. Foto/Riki Yuherman

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Forum Anak Kota Arang (FAKA) Kota Sawahlunto meminta dukungan Walikota Sawahlunto Deri Asta untuk pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI). APSAI merupakan lembaga independen yang menjembatani perusahaan-perusahaan dalam membantu dan memenuhi hak-hak anak.

Mendampingi FAKA Sawahlunto, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD-PPA) Dedi Syahendri mengatakan, APSAI akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.

"Keberadaan APSAI di suatu kota ini membantu pula dalam meningkatkan poin dalam penilaian Kota Layak Anak (KLA). Sehingga, jika kita berhasil membentuk APSAI di Sawahlunto, selain manfaat untuk anak-anak juga diharapkan turut mendorong Sawahlunto memperoleh Kota Layak Anak dengan predikat utama," ujarnya.

Ketua FAKA Sawahlunto, Ilham Ronaldi menyebutkan bahwa dirinya bersama teman ingin mendapat dukungan dari Pemerintah daerah untuk pembentukan APSAI ini. Harapannya sebut Ilham, perusahaan perusahaan yang ada dikota ini, bisa ikut berkontribusi dalam pemenuhan hak anak di Sawahlunto.

" Kami juga mengusulkan kepada Walikota untuk diadakan Mustenbang anak Sawahlunti, pembentukan satuan tugas (Satgas Anak) serta kegiatan peringatan hari Anak dikota ini," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Deri Asta mengapresiasi peran dan fungsi FAKA serta menyatakan bahwa Pemko terus memberikan perhatian dan dukungan pada program atau kegiatan pro anak. Perhatian khusus terhadap anak-anak dan mewujudkan pendidikan berkualitas.

"Untuk APSAI akan kita fasilitasi bersama perusahaan-perusahaan lokal yang ada. Setelah itu nanti baru tim FAKA yang turun langsung sosialisasi mengajak perusahaan itu untuk bergabung ke APSAI," ujar Deri Asta. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 05:53:53 WIB

    Tiga Nagari Guguak Bentuk Forum Peduli Nagari

    AROSUKA, HALUAN — Komitmen untuk memperko­koh persatuan dan hubungan kekekrabatan warga tiga nagari Guguak, kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, terus ditabuh. Sinyalemen itu terlihat dari upaya pembentukan se­buah wa.
  • Jumat, 15 Juli 2016 - 19:25:06 WIB

    Wabup Agam Isi Ceramah Wirid Korpri Perdana dan Lepas Utusan Agam untuk Forum Anak Nasional

    Wabup Agam Isi Ceramah Wirid Korpri Perdana dan Lepas Utusan Agam untuk Forum Anak Nasional AGAM, HALUAN - Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, tampil memberikan tausiah pada kegiatan wirid mingguan korpri perdana pascalibur lebaran di Masjid Agung Nurul Falah Jumat, (15/7)..
  • Senin, 25 April 2016 - 03:07:51 WIB

    Forum Kota Sehat Bentuk Pengurus Inti

    PADANG PANJANG, HALUAN — Untuk me­n­dukung suksesnya kegiatan kesehatan di Kota Padang Panjang, Forum Kota Sehat daerah itu telah membentuk secara resmi struktur inti untuk periode 2016-2019, melalui musyawarah bersa­ma..
  • Jumat, 22 April 2016 - 03:47:32 WIB

    Pemkab Bina Forum Pembauran Kebangsaan

    PASAMAN, HALUAN — Sekretaris Daerah Kabu­paten Pasaman A Syafei Siregar menyebutkan, situ­asi politik dan fenomenal sosial saat ini telah memicu kerentanan konflik dalam bangsa dan daerah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM