Hari Ginjal Sedunia, Cara Deteksi Dini Penyakit Ginjal di Rumah


Kamis, 12 Maret 2020 - 11:13:32 WIB
Hari Ginjal Sedunia, Cara Deteksi Dini Penyakit Ginjal di Rumah Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap 12 Maret. Ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan organ ginjal.

Berbicara tentang penyakit ginjal, data global 2019 menunjukkan bahwa satu dari tiga orang di populasi umum memiliki risiko untuk mengidapnya. Bahkan, dari 10 persen orang yang mengalami masalah ginjal, sembilan dari 10 di antaranya tidak menyadari kondisi tersebut. Padahal, masalah ginjal yang tidak mendapat pengobatan segera bisa berujung pada penyakit ginjal tahap akhir alias gagal ginjal.

Untuk menambah informasi sehingga masyarakat yang mengalami masalah ginjal bisa segera mendapatkan pertolongan, dokter spesialis penyakit dalam Aida Lydia pun membagikan tiga cara deteksi dini mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Pertama adalah mengukur tekanan darah. Menurut Aida, setiap orang wajib memperhatikan apakah mereka memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

“Biasanya di atas 140/90 mmHg. Kalau iya, berarti Anda berisiko karena hipertensi adalah penyebab terbesar dari masalah ginjal,” katanya pada acara Media Briefing Hari Kesehatan Ginjal di Jakarta pada 11 Maret 2020.

Selain itu, Anda juga melakukan pemeriksaan urin. Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) itu mengatakan setiap orang cukup melihat apakah saat berkemih memiliki kandungan protein atau sel darah merah pada air seni.

“Kalau ada dua kandungan ini, pasti ada suatu masalah di ginjal karena normalnya tidak begitu,” ungkapnya.

Terakhir dan tak kalah penting adalah cek darah. Aida menerangkan fungsi ginjal bisa dilihat dari kreatinin darah. Jika seseorang takut mengambil darah sendiri, bantuan tenaga kesehatan yang datang ke rumah atau klinik juga bisa dilakukan.

“Cukup dihitung laju glomerulusnya dan dicocokkan dengan label stadium. Nanti kalau ada gangguan fungsi ginjal, langsung ketahuan stadium berapa,” jelasnya. (h/*)

 Sumber : Tempo.Id /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM