Meski Sudah Meninggal, Ternyata Jenazah Pasien Corona Masih Bisa Tularkan Virus


Kamis, 12 Maret 2020 - 11:26:41 WIB
Meski Sudah Meninggal, Ternyata Jenazah Pasien Corona Masih Bisa Tularkan Virus Ilustrasi Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien terjangkit virus Corona COVID-19

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pasien positif virus Corona atau Covid-19 meninggal dunia. Warga Negara Asing dengan usia 53 tahun tersebut diketahui memang sudah mengidap hipertensi, diabetes, dan penyakit paru yang diperparah dengan Covid-19.

Jenazah pasien tersebut segera dipulangkan pada pihak keluarga. Kematian pasien Covid-19 ini pun menimbulkan pertanyaan. Mungkinkah jenazah berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19?

Verifikasi Fakta

Mengutip VIVA.co.id, spesialis mikrobiologi klinik, Dr. dr. Budiman Bela, SpmK, mengatakan jenazahnya bisa menularkan virus. Virus dianggap masih bertahan pada tubuh jenazah tersebut.

"Jawabannya ya. Karena kalau memang dia mengandung virus, maka virus masih bisa bertahan (di tubuh)," kata Budiman.

Ia menjelaskan tubuh manusia terdiri dari sejumlah cairan yang mengandung komponen protein. Cairan itu mampu melindungi virus dalam waktu lama. Sehingga virus dengan mudah dapat menyebar dari jasad pasien.

"Posisinya sekarang pasien sudah tak bernapas. Tinggal penanganan jenazah yang benar agar tidak menciptakan aerosol. Harus ditangani secara profesional di rumah sakit," katanya.

Menurutnya, Badan Kesehatan Dunia dan Kementerian Kesehatan sudah mengatur bagaimana penanganan kasus kematian pada pasien positif Covid-19. Karena itu, tak sembarang orang yang dapat menangani, memulangkan, dan mengubur jenazah tersebut.

"Ada penanganan khusus," ujarnya. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM