PLN UIW Sumbar Tandatangani Kerjasama dengan Kantor Pertanahan Seluruh Sumbar


Kamis, 12 Maret 2020 - 15:27:48 WIB
PLN UIW Sumbar Tandatangani Kerjasama dengan Kantor Pertanahan Seluruh Sumbar Penandatangan kontrak kesepakatan antara PLN UIW Sumbar dan Badan Pertanahan se-Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PLN UIW Sumbar menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kantor Pertahanan Kota/Kabupaten Se-Sumbar, Kamis (12/3). Kis Hartanto Purnomo Putro, ketua panitia pelaksana mengatakan, perjanjian kerjasama bertujuan untuk memudahkan koordinasi aset-aset PLN.

"Hari ini PLN melaksanakan perjanjian kerjasama dengan kantor pertanahan se-Sumbar. Dilaporkan bahwa saat ini ada kurang lebih 19 kantor pertanahan yang tersebar di provinsi Sumbar. Dari unit yang ada akan mempermudah untuk mengkoordinasikan aset-aset yang dimiliki oleh PLN bahwa perjanjian ini menjadi turunan dari kantor pusat," ungkap Kis Hartanto.

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto mengatakan perjanjian ini antara PLN unit-unit di sumatera bagian tengan dengan kanwil pertanahan. "Mudah-mudahan dengan perjanjian kerjasama antara PLN unit-unit di sumatera bagian tengan dengan kanwil pertanahan ini membawa manfaat yang baik untuk kita semua dan masyarakat yang menjadi tujuan pelayanan kita," ungkap Bambang.

Lebih lanjut Bambang memaparkan kondisi kelistrikan di Sumbar saat ini. "Ketahanan energi listrik di Sumbar sangat bagus luar biasa. Saat ini sudah tidak ada lagi pemadaman listrik. Dayanya cukup bahkan berlimpah, PLN berupaya agar daya tersebut terserap. Hal ini terus kita sampaikan kepada investor agar tidak perlu khawatir dengan kondisi ketersediaan listrik," jelas Bambang.

Sehubungan dengan itu, untuk meningkatkan dan menjaga pelayanan listrik kepada masyarakat, PLN membutuhkan ketersediaan properti dalam hal ini ketersediaan tanah yang secara legal cukup kuat sehingga tidak ada potensi-potensi dipermasalahkan di kemudian hari. 

Bambang mengatakan untuk wilayah Sumbar, jumlah aset unit induk PLN berjumlah 220 unit baik berupa tanah maupun bangunan.  "Dari 220 unit tersebut, 174 unit sudah bersertifikat, 46 unit belum bersertifikat dan sekitar 38 unit sedang mengurus sertifikat," katanya lagi.

Dijelaskan Bambang, masih ada kendala yang dialami PLN seperti aset PLN digunakan oleh beberapa pihak lain tanpa perikatan. "Di sisi lain terkendala dengan aset. Keberadaan program PLN sangat butuh dukungan pihak eksternal," ungkapnya.

Kebutuhan listrik semakin hari semakin meningkat, membuat PLN UIW Sumbar sangat bersyukur pada kesempatan ini bisa terselenggara perjanjian ini. "Ini menjadi momentum kerjasama yang harmonis, mengingat kebutuhan listrik di Sumbar semakin hari semakin meningkat. Mari bersama-sama kita bebaskan negeri ini dari kegelapan," ungkap Bambang menutup.

Sementara itu, Kepala BPN Sumbar, Syaiful mengatakan momentum perjanjian hari ini, dapat membantu PLN UIW Sumbar dalam mengoordinasi aset-asetnya. "Harapan kami, BPN siap membantu. Kalau PLN butuh dokumen akan kami ikrarkan dalam bentuk sertifikat," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yessy Swita /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]