Taspen Bukittinggi Serahkan JKM dan THT bagi PNS dan Honorer


Kamis, 12 Maret 2020 - 20:18:58 WIB
Taspen Bukittinggi Serahkan JKM dan THT bagi PNS dan Honorer Kepala Taspen Kota Bukittinggi, Hari Kasuma Yuda Perwira, menyerahkan hak THT dan JKM kepada ahli waris Bima Sakti, PNS Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman yang meninggal dunia.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bukittinggi menyerahkan pembayaran klaim dan santunan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer/kontrak yang meninggal dunia di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Kepala Cabang Kantor Taspen Kota Bukittinggi Hari Kasuma Yuda Perwira, Kamis (21/3) mengatakan, PT Taspen kantor Cabang Bukittinggi telah melakukan pembayaran klaim JKM untuk empat orang tenaga honorer/kontrak yang meninggal dunia di Pasaman Barat. Klaim JKM tersebut diserahkan langsung kepada masing-masing ahli waris almarhum.

Adapun empat orang tenaga honorer yang menerima klaim JKM ini yakni Isworo, honorer Dinas Perhubungan, Rahmadina dan Winholida, honorer Dinas Pendidikan serta  Eki Nofrizal, honorer Dinas Satpol PP. Penyerahan santunan tersebut turut disaksikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pasaman Barat, beserta jajaran SOPD terkait.

Selain di Pasaman Barat, kata Yuda, PT Taspen juga menyerahkan klim asuransi kematian, JKM, dan Tabungan Hari Tua (THT) kepada satu orang PNS aktif yang meninggal dunia di Kabupaten Pasaman, atas nama Bima Sakti, yang merupakan PNS Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. 

Kegiatan penyerahan turut disaksikan oleh jajaran  BKSDM, Bagian Keuangan Daerah, Inspektorat, dan Dinas Kominfo setempat. Pembayaran klaim JKM bagi empat orang tenaga honorer di Pasaman Barat dan satu orang PNS di Kabupaten Pasaman yang meninggal dunia tersebut.

"Kita serahkan langsung kepada ahli waris almarhum pada Rabu (11/3). Khusus bagi PNS yang meninggal dunia, klaim yang diserahkan Taspen berupa ansuransi kematian, JKM, dan THT,” ujar Yuda didampingi Asisten Manajer Umum dan SDM PT Taspen, Murah Sulistiyono.

Yuda menerangkan, penyerahan santunan yang dilakukan Taspen ini merupakan program Layanan Klim Otomatis (LKO) PT Taspen terhadap PNS maupun non PNS (honorer) yang mengalami kejadian meinggal dunia. LKO adalah program layanan yang terintegrasi antara PT Taspen dengan mitra kerja dengan tujuan untuk memperluas dan mempermudah jangkauan pelayanan, serta mempercepat proses pengurusan.

“Kita berharap, santunan yang kita serahkan bisa  bermanfaat bagi ahliwaris/keluarga almarhum. Mudahan-mudahan keluarga almarhum tabah dan ikhlas menerima kejadian dan musibah yang menimpa, karena semua kita juga akan menemui ajal masing masing,” ungkap Yuda.

Sementara itu, Asisten Manajer Umum dan SDM, Murah Sulistiyono menambahkan, penyerahan klim JKM bagi PNS ini berdasarkan  kepada PP Nomor 70 Tahun 2015, tentang  program perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang diselenggarakan oleh PT. Taspen. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]