Jadi Tersangka, Oknum Dosen Asusila Tempuh Jalur Praperadilan


Kamis, 12 Maret 2020 - 21:28:15 WIB
Jadi Tersangka, Oknum Dosen Asusila Tempuh Jalur Praperadilan Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Septianto. (Agoes Embun)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kasus pelecehan seksual yang dilakukan mantan dosen Universitas Negeri Padang (UNP) berinisial FY (29) terhadap seorang mahasiswi berbuntut panjang. Setelah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan, kini oknum dosen tersebut mengajukan praperadilan terhadap kasus itu. 

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan hal tersebut. Dia mengungkapkan pelaksanaan praperadilan menunggu panggilan dari pengadilan. "Sidangnya nanti di pengadilan dan boleh dimonitor. Mungkin satu minggu-lah pelaksanaannya itu," kata Satake Bayu, Kamis (12/3).

Ditambahkan Kabid Humas, pengajuan praperadilan merupakan hak dari tersangka. Pihaknya sangat siap untuk menghadapi praperadilan tersebut. "Tim dari Polda pasti siap karena itu bagian dari tugas. Kami dalam penanganan kasus dugaan pelecehan seksual ini sudah sesuai dengan prosedur," tegasnya. 

Seperti diketahui, kasus pelecehan seksual yang dialami mahasiswi ini dilaporkan ke Polda Sumbar tanggal 15 Januari 2020 dengan nomor: LP/17/I/2020/SPKT-BR. Usai laporan ini masuk, pihak kepolisian kemudian melakukan penyelidikan. Peristiwa dugaan pelecehan seksual ini diduga terjadi di lingkungan kampus. 

Aksi pelecehan oknum dosen kepada mahasiswi itu dilakukan di toilet salah satu gedung fakultas saat unit kegiatan mahasiswa. Dalam kasus ini, polisi juga sudah memeriksa korban, sejumlah saksi dan juga pihak dari UNP sebelum menetapkan status tersangka terhadap FY. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]