'Misteri' Sumber Penularan Pasien Positif Corona 27 Terungkap


Jumat, 13 Maret 2020 - 07:13:01 WIB
'Misteri' Sumber Penularan Pasien Positif Corona 27 Terungkap Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sumber penularan pasien positif virus corona (covid-19) nomor 27 akhirnya terungkap. Pasien tersebut tertular dari pasien positif nomor 20 yang merupakan sub klaster dari kasus nomor 01 yang terpapar saat berada di sebuah klub dansa di Jakarta.

Pasien nomor 20 merupakan perempuan berusia 70 tahun yang tercatat pernah melakukan kontak dekat dengan pasien 01.

"Pasien 27 ternyata kontak dekat dengan pasien 20, dan pasien 20 ternyata klaster pasien 01. Artinya pasien 27 tidak kontak dengan pasien 01 tapi dengan pasien 20 yang masih dirawat," ujar Juru Bicara pemerintah khusus virus corona (covid-19) Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (12/3).

Sumber penularan pasien 27 sebelumnya tidak diketahui dan hanya disebut sebagai local transmission atau transmisi lokal.

Yurianto menuturkan, sumber penularan pasien 27 akhirnya diketahui dari hasil tracing atau pelacakan. Saat ini, baik pasien 27 maupun 20 masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Sehingga teka teki sudah ditemukan," kata dia.

Langkah selanjutnya, tim akan melacak siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan pasien 27. Siapa pun pihak yang pernah kontak dengan pasien 27 disebut dengan istilah sub-sub klaster karena merupakan cabang kelompok penyebaran dari pasien 1, pasien 20, dan pasien 27.

"Artinya sub-sub klaster. Ini yang kita sebut contact tracing," ucapnya.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Juli 2019 - 18:41:51 WIB

    'Misteri' Negosiasi Politik di Balik Pertemuan Jokowi-Prabowo

    'Misteri' Negosiasi Politik di Balik Pertemuan Jokowi-Prabowo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tak ada makan siang gratis. Demikian pakar hukum tata negara, Refly Harun, memaknai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (31/7)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM