RSUD Sawahlunto Belum Punya Dewas, BKPSDM Lakukan Kajian


Jumat, 13 Maret 2020 - 08:00:20 WIB
RSUD Sawahlunto Belum Punya Dewas, BKPSDM Lakukan Kajian RSUD Sawahlunto

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sejak beralih pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto belum mempunyai Dewan Pengawas sebagaimana yang diatur dalam Permendagri No 79 tahun 2018. 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Sawahlunto Guspriadi membenarkan, sejak ditetapkan menjadi BLUD, RSUD Sawahlunto belum memiliki dewan pengawas seperti yang tertuang dalam Permendagri 79 tahun 2018.
"Dalam waktu dekat ini kami segera melaporkan hasil kajian teknis pembentukan Dewas kepada walikota," ujarnya kepada Haluan, Kamis 12 Maret 2020.

Dewas BLUD, sebut Guspriadi, merupakan satuan fungsional yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan serta pengendalian internal terhadap pengelolaan BLUD yang dilakukan oleh pejabat pengelola sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dewas sendiri lanjutnya dibentuk dengan keputusan kepala daerah.

"Selama ini, Dewas tersebut tidak pernah dikaji untuk dibentuk, sehingga membentuk pesimisme di masyarakat bahwa BLUD tidak akan berhasil kecuali hanya menjadi sumber penghasilan bagi pengelolanya saja," ujarnya lagi.

Lebih jauh diungkapkan Guspriadi, sesuai dengan Pemendagri tersebut, Dewas berkewajiban memberikan saran dan pendapat serta nasehat kepada pejabat pengelola dalam melaksanakan BLUD kepada kepala daerah, mengikuti perkembangan kegiatan BLUD, dan melaporkan tentang kinerja BLUD kepada kepala daerah.

"Evaluasi dan penilaian kinerja, baik keuangan maupun non keuangan, memberikan catatan-catatan penting yang bisa membuat pengelolaan BLUD menjadi baik," katanya.

Untuk anggota Dewas sendiri, lanjutnya, berjumlah 3 orang atau 5 orang dengan masa jabatan ditetaokan selama 5 tahun, dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.(*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 17:13:41 WIB

    Usai Rapat Penanganan Corona, Direktur RSUD Achmad Darwis Diisolasi ke RSAM Bukittinggi

    Usai Rapat Penanganan Corona, Direktur RSUD Achmad Darwis Diisolasi ke RSAM Bukittinggi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Salah seorang petinggi Limapuluh Kota yakni, Direktur RSUD Achmad Darwis Suliki dilarikan ke RSUD Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi. Direktur Rumah Sakit kebanggaan Limapuluh Kota itu diiso.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 16:18:03 WIB

    Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi

    Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan telah menyiapkan tiga ruangan isolasi dan 30 dokter untuk pasien ODP dan PDP.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 21:54:52 WIB

    Satu Orang PDP Corona Dirawat di RSUD Sungai Dareh

    Satu Orang PDP Corona Dirawat di RSUD Sungai Dareh DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Data terakhir Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Dharmasraya berjumlah 14 orang. Per Minggu (22/3/2020), ada seorang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) lagi. Pasalnya, orang tersebut baru sa.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 11:03:12 WIB

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Seratusan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Senin 17 Februari 2020, mengadukan terkait Tunjangan Penambah Penghasilan (TP.
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 22:06:19 WIB

    RSUD dr Sadikin Kota Pariaman Gandeng Dokter Spesialis

    RSUD dr Sadikin Kota Pariaman Gandeng Dokter Spesialis PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD dr Sadikin Kota Pariaman melakukan kerjasama dengan sejumlah dr spesialis. Untuk proses kerja samanya sudah dimulai dari sekarang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM