Ini Racikan Jamu Ala-ala Jokowi yang Diminum 3 Kali Sehari


Jumat, 13 Maret 2020 - 10:47:04 WIB
Ini Racikan Jamu Ala-ala Jokowi yang Diminum 3 Kali Sehari Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kebiasaan Jokowi minum jamu sudah lama jadi sorotan, namun baru-baru ini ia mengaku meminum jamu sampai 3 kali sehari. Apa ya racikan jamu ala Jokowi?

Dalam pembukaan The 2nd Asian Agriculture & Food Forum di Istana Negara, Jakarta Pusat, pagi ini (12/3) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kalau ia masih mengonsumsi jamu setiap hari. Ketika virus corona masuk ke Indonesia, Jokowi bahkan meningkatkan konsumsi jamunya sampai 3 kali sehari.

Sebelumnya kebiasaan Jokowi minum jamu membuatnya tetap berenergi. Setiap hari ayah 3 anak ini terbiasa meminum jamu yang telah diracik juru masak presiden.

Racikan jamu Jokowi ini terdiri dari berbagai rempah. Diantarnya jahe, serai, kunyit, dan temulawak. Jokowi juga menjelaskan kalau semua bahan tersebut direbus jadi satu.

Tri Supriharjo yang merupakan juru masak Presiden pernah menjelaskan bagaimana meracik jamu ala Jokowi. Bahan yang diperlukan adalah 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, 3 potong jahe, lalu tak ketinggalan batang serai.

Semua bahan tersebut dicampurkan di dalam panci berisi air, lalu direbus hingga mendidih. Rebusan air tersebutlah yang nantinya diminum sebanyak 3 kali dalam sehari oleh Jokowi

Racikan jamu Jokowi yang terdiri dari jahe, sereh, kunyit, dan temulawak tersebut tentunya sangat sehat. Jamu tersebut juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut khasiat dari bahan racikan jamu Jokowi.
1. Jahe
Selain dapat menjaga kekebalan tubuh, jahe sangat baik dalam memerangi peradangan pada tubuh. Jahe juga memiliki zat anti bakteri yang berperan baik untuk meredakan flu dan batuk. Karena fungsi inilah jahe banyak diburu untuk mewaspadai virus corona.

Tak hanya sampai di situ saja, khasiat jahe ternyata bisa lebih dari itu. Jahe juga dapat membantu dalam menjaga kondisi jantung hingga pencegahan kanker.

2. Temulawak

Temulawak dipilih oleh Jokowi sebagai salah satu bahan racikan jamunya karena khasiatnya sudah terbukti secara klinis. Jika menilik manfaatnya secara tradisional, temulawak banyak digunakan untuk penambah nafsu makan, malancarkan asi, hingga membersihkan darah.

Namun dalam dunia medis, temulawak memiliki zat anti inflamasi dan anti hepatotoksik yang dipercaya dapat menjaga kesehatan hati, menurunkan kadar kolesterol, hingga mengurangi nyeri sendi.

3. Kunyit
Kunyit yang dapat menghasilkan pewarna kuning alami ini juga banyak dimanfaatkan sebagai jamu herbal yang menyehatkan tubuh. Kunyit kaya antioksidan oleh karena itu dapat menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu kunyit memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan otak, meredakan nyeri, dan melencarkan pencernaan. Lebih dari itu kunyit juga dapat mencegah penyakit jantung, gejala diabetes, hingga dapat mencegah kanker.

4. Serai
Jokowi Minum Jamu Ini Sampai 3 Kali Sehari, Apa YaFoto: iStock
Sering dikenal sebagai rempah yang aromanya kuat dan segar. Biasanya serai digunakan untuk bumbu masakan. Namun karena memiliki khasiat untuk kesehatan, serai juga banyak digunakan untuk minuman herbal.

Memiliki kandungan seperti anti jamur, antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan antidepresan. Khasiat serai ini diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, menjaga kadar kolesterol, meredakan gejala flu, hingga mengatasi depresi.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]