Virus Corona 'Tenggelamkan' Pasar Saham AS


Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27:14 WIB
Virus Corona 'Tenggelamkan' Pasar Saham AS Indeks Dow Jones terkoreksi 9,99 persen pada penutupan Kamis (12/3). (AFP/Jeenah Moon)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pasar saham Amerika Serikat anjlok dan menjadi yang terburuk sejak 1987 karena wabah virus corona pada Kamis, (12/3/2020).

Dikutip dari AFP, Wall Street anjlok lebih dari 10 persen dalam satu hari. Tercatat, Indeks Dow Jones terkoreksi sebesar 2.352 poin atau sebesar 9,99 persen. Indeks Dow Jones sepanjang tahun berjalan telah terkoreksi hingga 25,71 persen.

Indeks S&P 500 pun mengalami koreksi sebesar 9,51 persen. Sepanjang tahun berjalan, indeks ini telah terkoreksi sebesar 23,22 persen. 
?Koreksi tersebut menjadi yang terburuk sejak 19 Oktober 1987, insiden yang dikenal sebagai 'Black Monday'.

Sementara itu, indeks Nasdaq Composite ditutup terkoreksi 9,43 persen. Indeks ini telah terkoreksi sebesar 20,79 persen sepanjang tahun berjalan.

Pada pembukaan, indeks turun 7 persen pada menit awal perdagangan dan membuat New York Stock Exchange menunda perdagangan selama 15 menit. Pengumuman mengejutkan Presiden Donald Trump untuk melarang perjalanan dari Eropa selama 30 hari telah 'menghancurkan' maskapai. 

Delta Air Lines dan United Airlines masing-masing anjlok lebih dari 20 persen. Prospek suram maskapai penerbangan juga membebani Boeing yang anjlok 18,1 persen, menjadikannya 'Big Losers' di indeks Dow Jones.

Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun ditutup anjlok ke level 4.895 pada penutupan Kamis (12/3). Penutupan tersebut menjadi yang terendah selama 4 tahun terakhir.

Bursa terpaksa memberhentikan perdagangan sebelum waktu yang seharusnya. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 14:17:38 WIB

    Maswar Dedi Akui Virus Corona Berdampak Terhadap Investasi di Sumbar

    Maswar Dedi Akui Virus Corona Berdampak Terhadap Investasi di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penyebaran virus Corona atau Covid-19 ternyata membuat pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia melambat. Bahkan, wabah virus mematikan ini juga mempengaruhi investasi, tak terkecuali di Sumatera Barat.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:05:00 WIB

    BCA Tutup Kantor Cabang Selama Wabah Virus Corona

    BCA Tutup Kantor Cabang Selama Wabah Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memutuskan untuk tidak mengoperasikan lebih dari 30 persen kantor cabangnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dalam sementara waktu.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 06:46:32 WIB

    Virus Corona Jadi Pandemi, IHSG Kembali 'Sekarat'

    Virus Corona Jadi Pandemi, IHSG Kembali 'Sekarat' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada perdagangan Kamis (12/3/2020). Pergerakan akan dipengaruhi tingginya ketidakpastian ekonomi global di tengah memburuknya wabah viru.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 18:15:14 WIB

    Cegah Virus Corona di Lingkungan Kerja, XL Axiata Terapkan Aturan Ketat

    Cegah Virus Corona di Lingkungan Kerja, XL Axiata Terapkan Aturan Ketat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperketat lingkungan kerja guna mencegah penyebaran Virus Corona. Sejumlah prosedur pengamanan telah dijalankan sejak pertengahan Januari 2020 dan terus ditingkatkan .
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 14:24:57 WIB

    Rempah-rempah Diburu Karena Virus Corona, Harga Melambung

    Rempah-rempah Diburu Karena Virus Corona, Harga Melambung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penjualan rempah-rempah laris manis karena penyebaran wabah virus corona. Rempah-rempah, seperti temulawak, jahe, sereh, dan kunyit ramai dicari masyarakat lantaran diyakini dapat menangkal virus .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM