Rayakan Hari Tanpa Bayangan, Pemkab Pasaman Gelar Festival Equator


Jumat, 13 Maret 2020 - 13:48:31 WIB
Rayakan Hari Tanpa Bayangan, Pemkab Pasaman Gelar Festival Equator Ist

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah agenda kegiatan disusun dalam rangka perayaan fenomena alam titik kulminasi, 23 Maret 2020 di Tugu Equator, Bonjol, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman, Anwir Salam menuturkan, berbagai agenda telah disusun untuk perayaan Titik Kulminasi 21-23 Maret 2020 ini. Perayaan tersebut dinamakan festival equator.

"Kita beri nama, Festival Equator, dimulai 19-23 Maret di Tugu Equator, Bonjol, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol," ujar Anwir Salam didampingi Kabid Pariwisata, Ahmad Bukhari, Jumat (13/3/2020).

Berbagai kegiatan, kata dia, memeriahkan festival equator tersebut. Untuk di Pasaman, kegiatan terpusat di Tugu Equator, Bonjol yang merupakan daerah perlintasan garis lintang bumi.

"Festival itu akan dimulai dengan pesta kuliner, diikuti seluruh kecamatan. Ada hiburan rakyat 24 jam, menampilkan beragam seni tradisional, pasar rakyat, dan puncak titik tanpa bayangan pada 23 Maret itu," katanya.

Perayaan titik kulminasi, kata Anwir, sebagai ajang promosi wisata daerah. Dia berharap, lewat even tersebut dapat menggaet kunjungan para turis, baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke daerah itu.

"Perayaan titik kulminasi sebagai bentuk wujud kepedulian bersama untuk mempromosikan wisata daerah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis nanti," katanya.

Pada puncak titik kulminasi, kata Anwir, pihaknya akan menghadirkan pihak BMKG stasiun Padang Panjang, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang proses terjadinya puncak kulminasi atau hari tanpa bayangan.

"Jadi masyarakat bisa tahu fenomena apa yang terjadi dimoment titik kulminasi atau Equinox. Ini akan bisa menambah wawasan masyarakat," tukasnya.

Dari informasi yang dihimpun, fenomena alam titik kulminasi, dimana matahari akan tepat berada di lintasan tengah bumi atau garis equator. Fenomena ini akan menimbulkan efek benda tanpa bayangan jika posisinya berdiri tegak.

Fenomena ini terjadi pada tanggal yang sama setiap tahunnya dan terjadi juga dua kali dalam setahun, yakni 21-23 Maret dan 21-23 September. (*)

Reporter : Yudi | Editor : Milna

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]