Genjot PAD, UPTD ALKAL Pariaman Butuh Tambahan Mesin Giling


Jumat, 13 Maret 2020 - 15:39:26 WIB
Genjot PAD, UPTD ALKAL Pariaman Butuh Tambahan Mesin Giling Dua mesin giling PJU ALKAL yang lagi istirahat di samping kantor Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman yang memberikan kontribusi besar terhadap PAD di UPT tersebut. Foto/Trisnaldi  

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Mesin giling pada UPTD PJU Peralatan dan Perbekalan (ALKAL) Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman ternyata memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada unit kerja tersebut.

"Capaian PAD yang dibebankan ke UPTD mencapai Rp80juta pada tahun lalu ini, 80 persen disumbangkan oleh dua unit mesin giling, sisanya baru oleh Dam truk," kata Kepala UPTD PJU ALKAL, Danny Kurniawan kepada harianhaluan.com, Jumat (13/3/2020).

Untuk capaian PAD tahun 2020 sejak Januari sampai 13 Maret ini baru sebesar Rp1.750.000, belum sampai Rp2 juta. Kalau alat berat di ALKAL ini minim, kini hanya ada 2 unit mesin giling dan satu unit Damtruk, dari sini penghasil PAD UPTD ini.

"Sedangkan, target PAD pada tahun sebelumnya hanya Rp50 juta, namun realisasinya Rp80 juta, paling banyak memberikan kontribusi adalah mesin giling," kata Danny.

Danny menyebutkan, alat-alat itu banyak disewa oleh kontraktor, bila musim pekerjaan proyek berlangsung, peralatan itupun laris manis, semua hasilnya masuk ke kas daerah.

Sementara, Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Kota Pariaman, Asrizal mengakui bahwa peralatan atau alat berat yang ada di ALKAL PJU tersebut minim.

Sebelumnya memang ada exavator, tapi alat itu kini di Perkim LH, dipakai tempat tempat pengolahan sampah di Tungkal Selatan.

"Tahun ini ada tambahan alat berat di PJU/ALKAL, dari APBD, untuk Bacue Loader 1 unit," sebut Asrizal. (*)

Reporter : Trisnaldi | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]