Di Tengah Wabah Corona, Pemerintah Larang Ekspor Masker


Jumat, 13 Maret 2020 - 16:08:57 WIB
Di Tengah Wabah Corona, Pemerintah Larang Ekspor Masker Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melarang ekspor masker di tengah penyebaran wabah virus corona. Hal ini dilakukan guna menjaga pasokan di dalam negeri.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan larangan itu akan tertuang dalam peraturan menteri perdagangan (permendag). Ia bilang beleid tersebut bakal diterbitkan secepatnya.

"Kami juga akan terbitkan larangan sementara ekspor produk masker. Ini untuk menjamin kebutuhan konsumen dalam negeri," ungkap Agus, Jumat (13/3).

Agus menuturkan aturan itu akan berlaku hingga jumlah stok di dalam negeri telah mencukupi seluruh permintaan masyarakat di dalam negeri. Ia belum bisa memproyeksi sampai kapan larangan ekspor masker akan berlaku.

"(Larangan ekspor) disesuaikan sampai kebutuhan cukup dan lebih (dari permintaan). Kalau stoknya lebih nanti aturan ekspor masker dibuka lagi," ucapnya.

Diketahui, virus corona mulai mewabah di China pada Desember 2019 lalu. Virus tersebut telah menewaskan ribuan orang dan menyebar ke lebih dari 100 negara dan wilayah.

Sementara, terdapat 34 pasien positif virus corona di Indonesia. Lima pasien di antaranya telah sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona sebagai pandemi pada Kamis (12/3). Kendati demikian, status pandemi tidak mengubah tekanan global dalam penanganannya. 

"Covid-19 dapat dicirikan sebagai pandemi. Hal itu (status pandemi) tidak mengubah apa pun yang harus dilakukan oleh setiap negara," tandas Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 11:12:50 WIB

    Ayo Ikuti! HMG Gelar Business Plan Competition, Ditutup 30 April 2020

    Ayo Ikuti! HMG Gelar Business Plan Competition, Ditutup 30 April 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Haluan Foundation (Haluan Media Group/HMG) menggelar Business Plan Competition untuk kalangan milenial yang dibuka sejak 1 April 2020. Dari ajang ini diharapkan lahir pengusaha-pengusaha muda yang .
  • Sabtu, 04 April 2020 - 08:10:36 WIB

    Waspada! Pekerja di 5 Sektor Ini Rawan Risiko PHK Akibat Corona

    Waspada! Pekerja di 5 Sektor Ini Rawan Risiko PHK Akibat Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah corona telah berdampak signifikan terhadap ekonomi global dan nasional. Tak ayal, kecemasan terhadap lahirnya krisis yang berujung pemecatan masif pun muncul di kalangan pekerja berbagai sekt.
  • Jumat, 03 April 2020 - 18:46:14 WIB

    Di Tengah Corona, Ini Cara PLN Sumbar Memperingati Isra Miraj 1441 Hijriah

    Di Tengah Corona, Ini Cara PLN Sumbar Memperingati Isra Miraj 1441 Hijriah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PLN UIW Sumbar baru saja memperingati Isra’ Mi’raj 1441 Hijrian pada Jumat (3/4/2020). Acara tersebut sempat tertunda beberapa lama akibat adanya wabah covid-19 yang tengah melanda tanah air..
  • Jumat, 03 April 2020 - 11:35:26 WIB

    Kekayaan Pendiri Zoom Naik Rp66 Triliun dalam Tiga Bulan

    Kekayaan Pendiri Zoom Naik Rp66 Triliun dalam Tiga Bulan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kekayaan pendiri dan CEO layanan video call Zoom Eric Yuan dikabarkan meningkat hingga US$4 miliar (Rp66,7 triliun, kurs 1USD=Rp 16,674.75) dalam tiga bulan terakhir sejak pandemi Covid-19 akibat i.
  • Jumat, 03 April 2020 - 07:36:52 WIB

    IHSG Diprediksi Kembali Melemah

    IHSG Diprediksi Kembali Melemah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada perdagangan Jumat (3/4/2020). Investor diperkirakan menahan dana di pasar saham di tengah ketidakpastian rilis data perekonomian di dalam .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM