Di Tengah Wabah Corona, Pemerintah Larang Ekspor Masker


Jumat, 13 Maret 2020 - 16:08:57 WIB
Di Tengah Wabah Corona, Pemerintah Larang Ekspor Masker Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melarang ekspor masker di tengah penyebaran wabah virus corona. Hal ini dilakukan guna menjaga pasokan di dalam negeri.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan larangan itu akan tertuang dalam peraturan menteri perdagangan (permendag). Ia bilang beleid tersebut bakal diterbitkan secepatnya.

"Kami juga akan terbitkan larangan sementara ekspor produk masker. Ini untuk menjamin kebutuhan konsumen dalam negeri," ungkap Agus, Jumat (13/3).

Agus menuturkan aturan itu akan berlaku hingga jumlah stok di dalam negeri telah mencukupi seluruh permintaan masyarakat di dalam negeri. Ia belum bisa memproyeksi sampai kapan larangan ekspor masker akan berlaku.

"(Larangan ekspor) disesuaikan sampai kebutuhan cukup dan lebih (dari permintaan). Kalau stoknya lebih nanti aturan ekspor masker dibuka lagi," ucapnya.

Diketahui, virus corona mulai mewabah di China pada Desember 2019 lalu. Virus tersebut telah menewaskan ribuan orang dan menyebar ke lebih dari 100 negara dan wilayah.

Sementara, terdapat 34 pasien positif virus corona di Indonesia. Lima pasien di antaranya telah sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona sebagai pandemi pada Kamis (12/3). Kendati demikian, status pandemi tidak mengubah tekanan global dalam penanganannya. 

"Covid-19 dapat dicirikan sebagai pandemi. Hal itu (status pandemi) tidak mengubah apa pun yang harus dilakukan oleh setiap negara," tandas Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (*)

loading...
 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:29:04 WIB

    Selamat Hari Oeang, Berikut Perjalanan Panjang RI Punya Mata Uang Sendiri

    Selamat Hari Oeang, Berikut Perjalanan Panjang RI Punya Mata Uang Sendiri HARIANHALUAN.COM - Hari ini, 30 Oktober 74 tahun lalu Menteri Keuangan Sjafruddin Prawiranegara meneken ketetapan berlakunya Oeang Republik Indonesia (ORI) dan sah digunakan di Indonesia..
  • Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:27:22 WIB

    Manajemen Garuda Bakal Dirombak Lagi

    Manajemen Garuda Bakal Dirombak Lagi HARIANHALUAN.COM - Emiten maskapai penerbangan BUMN, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) bakal melakukan perubahan pengurus perusahaan pada November mendatang..
  • Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:02:48 WIB

    Ini 5 Provinsi dengan UMP Tertinggi, Besarannya di Atas Rp 3 Juta

    Ini 5 Provinsi dengan UMP Tertinggi, Besarannya di Atas Rp 3 Juta HARIANHALUAN.COM - Upah minimum 2021 tak naik, atau besarannya sama dengan 2020. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah telah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor M/ll/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun.
  • Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:40:07 WIB

    XL Axiata Umumkan Susunan Direksi Baru

    XL Axiata Umumkan Susunan Direksi Baru HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mempunyai sususan direksi yang baru hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Selasa (27/10). Pada RUPSLB yang memang salah satu agenda utamanya adalah perubahan susu.
  • Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:31:39 WIB

    Luar Biasa! Harta 20 Anak Muda di China Tembus 3.200 T

    Luar Biasa! Harta 20 Anak Muda di China Tembus 3.200 T HARIANHALUAN.COM - China menjadi singgasana ratusan miliarder kelas dunia, seiring bertumbuhnya ekonomi terbesar kedua di dunia. Dari ratusan miliarder itu ada 20 anak muda yang masuk daftar orang terkaya China dengan kekayaa.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]