Virus Corona Pengaruhi Kunjungan Wisman ke Sumbar


Jumat, 13 Maret 2020 - 16:57:16 WIB
Virus Corona Pengaruhi Kunjungan Wisman ke Sumbar Foto/CNN

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial mengungkapkan virus corona atau covid 19 dapat mempengaruhi terhadap kunjungan wisatawan terutama dari mancanegara ke Sumbar.

"Kejadian ini sangat berpengaruh besar bagi kita terutama sektor pariwisata, apalagi virus corona ini sudah hampir menyebar di semua negara termasuk kita di Indonesia. Bahkan, sudah ada berapa negara yang dikunci akses keluar masuknya," ujarnya, Jumat (13/3/2020).

Disebutkan Novrial, dari data yang diperolehnya dari Badan Pusat Statistik (BPS) terlihat dari berkurangnya angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) rentang waktu Januari - Februari 2020 sebesar 16 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Meskipun begitu data tersebut tidak bisa disebabkan karena virus corona saja. Sebab, dari pengalaman sebelumnya pada triwulan 1 memang kondisi low season dan baru dapat dilihat dampaknya di triwulan 2," katanya.

Kemudian terkait penyebaran virus corona ini, Pemprov telah melakukan upaya antisipasi dengan melakukan SOP kedatangan wisatawan yang datang dari luar negeri dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh di BIM dan pelabuhan penyebrangan.

"Ini langkah kita mengantisipasi penyebaran virus corona di Sumbar," ulasnya.

Lalu untuk mengaet wisatawan, pihaknya terus melakukan pendekatan dan promosi event pariwisata dan ekraf yang dilakukan berbagai pihak di luar Sumbar.

"Kita akan terus lakukan promosi pengenalan pariwisata, baik itu dilakukan Dinas Pariwisata maupun pihak lainnya yang mendukung pariwisata Sumbar," pungkasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM