Danlantamal II Padang Kunker ke Mentawai


Jumat, 13 Maret 2020 - 18:28:21 WIB
Danlantamal II Padang Kunker ke Mentawai Komandan Lantamal (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Mentawai, Jumat (13/03).

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Komandan Lantamal (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Mentawai, Jumat (13/03) untuk melihat langsung Lanal Persiapan Mentawai.

Setibanya di dermaga Tuapejat menggunakan Kapal Mentawai Fast Ia bersama jajaran petinggi Lantamal Padang disambut langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake bersama unsur Forkopimda Mentawai, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Mentawai. Selanjutnya tamu disambut dengan tarian tradisional Mentawai.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Setelah makan siang Danlantamal berserta rombongan mengunjungi Pos Lanal Mentawai dan Baguanan Lanal Persiapan Mentawai yang berlokasi di jalan raya Tuapejat Km 10, Kecamatan Sipora Utara.

"Dihari yang baik ini, bertepatan hari Jumat  kami menyempatkan waktu datang ke Mentawai dan ini pertama kali sejak 6 bulan menjabat, kami ingin melihat langsung Lanal Persiapan Mentawai, sejauh mana perkembangan dan keterlibatan terhadap masyarakat dan pemerintah, kemudian kita melakukan melihat sejauh mana kesiapan pemerintah setempat jika Lanal Mentawai didefinitifkan," ungkapnya.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Menurutnya dukungan sarana dan prasarana untuk menjadikan Lantamal definitif sudah mulai terpenuhi, hanya saja masih kurang dan perlu dilengkapi salah satunya kebutuhan air bersih dan bahan bakar minyak seandainya Kapal KRI beroperasi di perairan laut Mentawai. Yang mana kata dia sekali operasi akan ada masa tunggu dan saat itulah Kapal KRI membutuhkan sandaran kapal dan mengisi kebutuhan bahan bakar dan bahan basa.

"Setelah dari sini kami akan membuat laporan dan akan disampaikan kepada pimpinan angkatan laut, muda-mudahan hasil kunjungan kami ini mempercepat proses peningkatan Lanal persiapan menjadi Lanal definitif, tentu nanti termasuk struktur organisasinya menjadi definitif," tuturnya.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Ia menyebutkan saat ini TNI AL masih memprioritaskan pembangunan Armada III, sehingga anggaran pembanguan lain masih tertunda, dimana kata dia seandainya Lanal Mentawai sudah 100 persen dibangun maka kebutuhan personil mencapai 200 orang.

"Memang saat ini tidak hanya Mentawai dan Padang, tetapi secara umum TNI AL saat ini sedang memprioritaskan pembangunan Armada III, bukan berarti di sini tidak prioritas, tetapi karena keterbatasan anggaran, mudah-mudahan disamping pembanguan armada III, Lanal Mentawai diresmikan," pungkasnya.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake menyebutkan kepada wartawan bahwa pihaknya siap memenuhi kebutuhan untuk persiapan pesiapan peresmian Lanal definitif, misalnya kebutuhan air dan lahan untuk pembangunan pengembangan gedung dan pembangunan dermaga khusus angkat laut.

"Kalau kita melihat wilayah perairan Mentawai sangat luas mulai dari ujung Siberut sampai ujung Pagai Selatan dan semuanya berpotensi disusupi oleh pihak luar, dimana kita Mentawai banyak dikunjungi wisatawan asing dan ini harus dipantau oleh pihak terkait, kalau untuk lahan pengembangan Lanal saya kira masih cukup luas di sekitar Lanal sekarang, dan untuk lahan pembanguan dermaga sudah kita siapkan, namun kita menunggu secara teknis berapa luas yang dibutuhkan, kalau tidak cocok di tempat yang sekarang kita cari tempat lain," imbuhnya. (h/*)

Reporter : Redi | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]