Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora


Sabtu, 14 Maret 2020 - 00:13:39 WIB
Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora Pertandingan di Liga 1 2020.

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut telah memberikan saran berupa opsi untuk menggelar Liga 1 2020 tanpa penonton kepada Menpora menyusul wabah virus corona atau Covid-19.

Hal itu diungkapkan melalui Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS usai pertemuan bersama Menpora, stakeholder olahraga Indonesia dan beberapa ketua cabang olahraga (cabor), Jumat (13/3).

"Salah satu opsi yang kami sampaikan demikian [menggelar liga tanpa penonton]. Itu adalah opsi yang diusulkan Kemenkes. Tapi tentu saja kembali kepada induk olahraga masing-masing," kata Pattiselanno.

Pattiselanno menambahkan, rekomendasi dari Kemenkes sudah diberikan Kemenkes kepada Menpora. Secara teknis, Kemenkes melalui juru bicara negara sudah menyampaikan beberapa hal yang menjadi acuan.

Kemenkes disebut Pattiselanno tidak bisa memberikan keputusan apapun untuk melanjutkan atau menghentikan semua aktivitas keolahragaan yang digelar di dalam maupun di luar negeri.

"Keputusan untuk menghentikan semua aktivitas bukan dari kementerian kesehatan. Jadi kementerian kesehatan menyampaikan situasi terkini, tapi keputusan untuk menghentikan kegiatan semua kembali kepada yang punya gawe," ujarnya.

Setelah virus corona ditetapkan sebagai pandemik atau wabah yang sudah menyebar luas di seluruh dunia, pemerintah fokus untuk mengawasi supaya penyebaran ini tidak meluas. Sebab itu, kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa diimbau untuk dilakukan seminimal mungkin.

"Ini yang tentu harus kita minimalisir supaya tidak terjadi penularan akibat berkumpulnya orang banyak. Tentu dikembalikan kepada induk olahraga masing-masing supaya mereka yang memutuskan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah diberikan Kementerian Kesehatan," ucap Pattiselanno.

Kemenkes, kata Pattiselanno, tengah menyusun Standard Operational Procedure (SOP) yang nantinya bakal diberikan kepada Kemenpora dan cabang olahraga yang tengah menggelar kegiatan. SOP itu bakal kembali dibahas bersama induk organisasi olahraga dan Kemenpora sebelum diterbitkan.

"Supaya semua yang terkait bisa mencegah terjadinya penularan virus corona. Bukan hanya terhadap pemain, penonton tapi juga pekerja yang ada di arena olahraga, wartawan juga. Kita harus tetap berhati-hati untuk menjaga supaya kita semua kondisi dalam sehat," terangnya.

Pattiselano juga memuji langkah IBL yang telah memutuskan menunda gelaran IBL. "Ada yang kegiatannya sudah disetop sebelum diskusi seperti IBL, ya menurut saya itu sangat baik dan keputusan yang sangat bijaksana [untuk menghentikan sementara pertandingan]," ucap Pattiselanno di Kantor Kemenpora, Jumat (13/3). (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 17:28:07 WIB

    Pemprov Jambi Terima Bantuan 2.000 APD dari Kemenkes RI

    Pemprov Jambi Terima Bantuan 2.000 APD dari Kemenkes RI JAMBI, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Jambi kembali mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebanyak 2.000 helai..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 16:01:04 WIB

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak kemarin, beredar video seorang perempuan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona (COVID-19) yang dilepas oleh rumah sakit begitu saja, tanpa perlu diisolasi. Kementerian Kesehatan .
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 09:02:30 WIB

    Kemenkes : Penularan Virus Corona Rawan di KRL

    Kemenkes : Penularan Virus Corona Rawan di KRL JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanberbicara rute KRL-2 atau Bogor-Depok-Jakarta Kota jadi jalur paling berisiko terkontaminasi virus Corona. Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yuria.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 17:50:58 WIB

    BREAKING NEWS! Kemenkes Sebut Ada Dua Lagi WNI Positif Corona

    BREAKING NEWS! Kemenkes Sebut Ada Dua Lagi WNI Positif Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah mengonfirmasi kasus baru penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Jumat (6/3), Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi dua lagi WNI positif virus corona..
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 10:12:51 WIB

    Kemenkes Sebut Efek Virus Covid-19 saat Ini Tidak Terlalu Ganas

    Kemenkes Sebut Efek Virus Covid-19 saat Ini Tidak Terlalu Ganas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sekertaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyebut kasus virus korona atau covid-19 terjadi peningkatan penyebarannya di sejumlah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM