Posisi SBY Sebagai Ketua Umum Demokrat akan Digantikan


Sabtu, 14 Maret 2020 - 02:02:07 WIB
Posisi SBY Sebagai Ketua Umum Demokrat akan Digantikan SBY menyampaikan saat Raker Partai Demokrat.

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Partai Demokrat segera melakukan pergantian ketua umum untuk periode lima tahun ke depan dalam Kongres ke-V di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu (15/3). Dalam kongres tersebut, Susilo Bambang Yudyono (SBY) selaku ketua umum periode ini bakal menyampaikan pidato politik terakhirnya.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengungkapkan bahwa SBY akan memberikan kesempatan bagi kader muda Demokrat melanjutkan kepemimpinannya sebagai ketua umum. Namun ia tidak membeberkan siapa saja kandidat terkuat pengganti SBY.

"Pak SBY sebagai ketum dan kami semua adalah timnya yang telah bekerja lima tahun penuh akan menyelenggarakan kongres untuk memberi kesempatan yang baru kepada pemimpin baru di Partai Demokrat," kata Hinca di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Mengulang pernyataan SBY, Hinca berujar bahwa SBY ingin mengulang keberhasilannya menutup masa jabatan di Partai Demokrat sebagaimana ia menyelesaikan jabatannya sebagai Presiden ke-6 selama dua periode.

"Beliau menyampaikan bahwa jika ia sebagai presiden dua periode 10 tahun dia soft landing, dia menyelesaikan tugas-tugasnya, kewajibannya soft landing, menyentuh garis finish sampai di ujung. Ia juga akan melakukan soft landing di dalam Kongres V beberapa hari lagi di Jakarta itulah yang utama," kata Hinca.

Terkait apakah masih ada dukungan untuk SBY kembali menjabat ketua umum kembali untuk lima tahun ke depan, Hinca tidak mengungkapkan. Begitu juga saat ditanya apakah SBY akan pensiun dari Partai Demokrat usai kongres. Ia meminta agar publik bisa menunggu jawabannya pada Minggu (15/3).

Kendati begitu, Hinca sedikit membocorkan apa yang bakal disaampaikan oleh SBY dalam pidato politik terakhirnya di dakam Kongres ke-V Partai Demokrat. "Beliau sudah siapkan pidato politik yang bagus disimak. Beliau akan katakan Demokrat ini rumahnya. Dia akan tetap berada di dalam rumah ini sama dengan kami seluruh kader," kata Hinca. (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 23:35:23 WIB

    PAN Umumkan Pengurus Baru, Dua Anak Amien Rais di Posisi Penting

    PAN Umumkan Pengurus Baru, Dua Anak Amien Rais di Posisi Penting JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengumumkan susunan pengurus barunya periode tahun 2020-2025. Dua anak Amien Rais, yakni Hanafi Rais dan Mumtas Rais masuk di dalamnya..
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 07:41:27 WIB

    Elektabilitas Gibran Rakabuming Hanya di Posisi ke- 2

    Elektabilitas Gibran Rakabuming Hanya di Posisi ke- 2 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Median merilis survei terkait Pilwalkot Surakarta (Solo) 2020 dan menyebut putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, berada di posisi kedua soal elektabilitas. PDIP pun.
  • Ahad, 17 November 2019 - 01:05:03 WIB

    Mardani Ali Sera: #KamiOposisi di Parlemen 2019-2024

    Mardani Ali Sera: #KamiOposisi di Parlemen 2019-2024 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2019 tanggal 14-16 November 2019 di Hotel Bidakara, resmi meneguhkan sikap sebagai oposi.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:22:35 WIB

    Tak "Dekati" Jokowi, PKS Kukuhkan Posisi Sebagai Oposisi

    Tak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengukuhkan posisinya sebagai oposisi pemerintah, setelah memilih tak melakukan 'pendekatan' dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah PKS ini tidak sejalan deng.
  • Sabtu, 12 Oktober 2019 - 21:04:07 WIB

    Tolak Merapat ke Istana, PKS Nyatakan Konsisten di Jalur Oposisi

    Tolak Merapat ke Istana, PKS Nyatakan Konsisten di Jalur Oposisi JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Meski petinggi koleganya, petinggi Partai Demokrat  dan Gerindra  telah merapat dan mengadakan pertemuan khusus dengan Presiden Jokowi menjelang pengumuman susunan Kabinet, tidak demikian dengan  .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM