Gerak Cepat, Anies Resmi Umumkan Wilayah Sebaran  Corona


Sabtu, 14 Maret 2020 - 09:14:07 WIB
Gerak Cepat, Anies Resmi Umumkan Wilayah Sebaran  Corona Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (antara)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menyampaikan beberapa wilayah sebaran pasien virus corona Covid-19. 

Anies menyatakan dari data yang dibuat pihaknya ini sebaran masyarakat yang terkait virus corona cukup luas terjadi di Jakarta. Ia khawatir penyebaran ini semakin meluas jika tak dilakukan pencegahan dengan cepat.

"Ini menyebar kesmua tempat, kami enggak punya cukup waktu menunggu. Kami memiliki kewajiban melindungi semua. Penting cepat gerak dan lebih cepat," ujarnya.

Dia mengatakan kasus positif, orang dalam pantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan tersebar hampir di semua wilayah ibu kota. 

Anies juga memaparkan peta persebaran corona di DKI Jakarta. 

Dari gambar tersebut ada 17 titik merah yang menggambarkan pasien positif virus corona tersebar di beberapa kecamatan. Mereka berada di Tanjung Priok (2), Kelapa Gading (2), Penjaringan (1), Kramat Jati (1), Pancoran (1), Kebayoran Baru (1), Kebayoran Lama (2), Mampang Prapatan (2), Cilandak (1), Kebon Jeruk (1), Kembangan (1), dan Cengkareng (1). Selain itu ada juga sebaran titik kuning yang artinya menunggu hasil tes tersebar di beberapa titik. Mereka di antaranya berada di Kecamatan Menteng, Johar Baru, Jagakarsa, Setiabudi, Pulo Gadung serta Pasar Rebo.

“Dari data bisa dibayangkan, hampir di seluruh kecamatan ada kasus (corona),” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (13/3).

Anies lantas mengimbau masyarakat DKI untuk mengurangi kegiatan yang berpotensi tertular virus corona. Warga diminta untuk  berkegiatan di rumah dan pemukiman serta menghindari tempat yang ramai.

Sebisa mungkin berkegiatan terbatas serta tak interaksi di luar rumah,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Pasien positif virus corona hingga hari Jumat (13/3) melonjak lebih dari dua kali lipat. Total ada 35 pasien baru yang diumumkan sehingga kasus corona di Indonesia mencapai 69 orang. Juru bicara nasional penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan kasus ini merupakan hasil penelusuran sejak Kamis (12/3) kemarin. Tak hanya itu, 3 orang pasien yakni nomor 35, 36, dan 50 telah meninggal dunia. (*)

 Sumber : katadata.co.id /  Editor : dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM