Penjelasan Biro Humas Pemprov, Pasien Meninggal di M Jamil Belum Pasti Terpapar MERS-CoV 


Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:54:07 WIB
Penjelasan Biro Humas Pemprov, Pasien Meninggal  di M Jamil Belum Pasti Terpapar MERS-CoV  Kabiro Humas  Pemprov Sumbar Drs Jasman MM

PADANG,HARIANHALUUAN.COM-Pasien yang meninggal di ruang Isolasi RSUP M Jamil diduga suspect MERS-CoV, belum dapat dipastikan sebagai orang yang terpapar MERS-CoV atau Covid-19.

Demikian penjelasan Kabiro Humas  Pemprov Sumbar Drs Jasman MM,  Sehubungan dengan adanya pemberitaan di beberapa media massa yang menyatakan bahwa pasien yang meninggal di ruang Isolasi RSUP M Jamil diduga suspect MERS-CoV dan atau pasien yang sudah terdeteksi Covid-19, serta adanya berita yang menyatakan “162 orang terpantau Suspect Covid-19 di Sumbar”.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

”Pasien yang meninggal tersebut belum dapat dipastikan sebagai orang yang terpapar MERS-CoV atau Covid-19,″ jelas  Kabiro Humas Sumbar, dalam siaran pers Biro Humas Pemprov Sumbar melalui akun resminya,  Sabtu (14/3/2020)

Ia mengatakan,  untuk memastikannya diperlukan hasil pemeriksaan laboratorium di Litbang Kemkes Jakarta.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

“Insyaa Allah akan didapatkan pada hari Jum’at tanggal 20 Maret 2020″, ujarnya

Sementara itu, Sekaitan dengan adanya pemberitaan bahwa 162 orang terpantau suspect Covid-19 di Sumbar, dapat kami jelaskan sebagai berikut:

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

1. Bahwa semua orang yang melewati BIM Internasional dinamakan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Semua ODP diberikan Health Alert Card (HAC). Nama-nama penumpang harus disampaikan ke Kabupaten/Kota untuk dilakukan pemantauan selama 14 hari. Ini dihitung setelah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengirimkan nama-nama penumpang yang mendapatkan HAC.

2. Artinya, semua orang yang mendapatkan HAC kita pantau dan bukan berarti mereka suspect Covid-19.

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Dalam hal ini, Pemprov Sumatera Barat bersama stakeholder terkait telah melakukan berbagai upaya yang sesuai SOP penanganan virus.

Kita berharap, masyarakat tetap waspada, jaga pola makan dengan makanan bergizi seimbang, sering cuci tangan, olah raga teratur, memakai masker jika ada gejala batuk, flu dan demam, periksakan kesehatan segera jika ada gejala demam panas tinggi, batuk, sesak nafas ke fasilitas kesehatan, serta tindakan-tindakan lainnya yang dianjurkan sesuai SOP Kesehatan.

Jangan panik dengan tetap berserah diri kepada Allah SWT.

Biro Humas Pemprov Sumbar (*)

Editor : Dodi | Sumber : Rel
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]