Anggota DPR RI Ajak Anak Muda "Mambangkik Batang Tarandam"


Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:51:37 WIB
Anggota DPR RI Ajak Anak Muda Anggota DPR RI, Guspardi Gaus saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Kepemudaan, di Hotel Nuansa Maninjau,

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar II, Guspardi Gaus mengajak generasi muda ranah minang kembali mambangkikkan batang tarandam. Hal ini disampaikan Guspardi saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Kepemudaan, di Hotel Nuansa Maninjau, kemarin (13/3).

"Sejarah mencatat, konstribusi orang-orang Minang di pentas nasional mulai dari zaman kemerdekaan, tak bisa diragukan lagi. Kini, saatnya kita melahirkan kembali sosok M Yamin, Moh Hatta, M Natsir, Agus Salim, Syahrir, dan lainnya, zaman sekarang,” ujar Guspardi.

Ia menuturkan, semakin ketatnya persaingan di era revolusi industri 4.0, mesti disikapi secara bijak mulai dari sekarang. Generasi muda harus memiliki keinginan kuat untuk berubah dan meningkatkan kemampuan diri, bila tak ingin terlindas zaman. Harus ditumbuh kembangkan rasa percaya diri. "Untuk mencapai percaya diri itu, kita harus
berkualitas dengan senatiasa rajin membaca,” ucap politisi PAN tersebut.

Guspardi juga menekankan pada peserta pelatihan kepemudaan ini guna mempedomani sifat-sifat nabi. Yaitu, siddiq, tablig, amanah, dan fatanah. ”Pedomanilah dan laksanakanlah sifat-sifat Nabi
di atas. Insya Allah akan lahir bibit-bibit muda yang mennguasai berbagai bidang, termasuk menguasai ekonomi yang bermartabat,” katanya.

Nabi Muhammad SAW itu, lanjut Guspardi, adalah seorang pengusaha yang handal di zamannya. Dimulai dari mengembalakan kambing/domba, selanjutnya seiring perjalanan waktu melakukan kerja sama bisnis dengan Siti khadijah dengan sistem mudharabah. "Lebih hebatnya, Nabi itu ketika menikahi Khadijah memberikan mahar 500 ekor unta terbaik. Ini bukti Nabi itu adalah konglomerat,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar itu.

Prof Dr Ir, Musliar Kasim MS yang juga menjadi narasumber pada kegiatan yang sama mengatakan, generasi muda harus mempunyai karakter positif untuk menjadi generasi yang handal. Diantara sifat yang harus dimiliki adalah, multi tasking, kaya ide kreatif, cepat tanggap, fleksibel, mampu bekerjasama dalam tim.

"Begitu banyaknya sifat negatif dimiliki generasi milenial membuat orang tua khawatir, maka sudah seharusnya karakter dibangun sedini mungkin. Perlu dilakukan akselerasi karakter yang baik guna mendapatkan modal dasar yang luar biasa. Bangun Karakter positif untuk mempersiapakan generasi milenial menghadapi tantangan perubahan ke depan yang sangat cepat. Jangan kita kalah dengan perubahan, kita harus siap dengan perubahan agar tidak tertinggal," tukasnya. (h/len)

Reporter : Leni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM