Seruan WHO untuk Negara-negara Dunia dalam Memerangi Corona


Sabtu, 14 Maret 2020 - 12:00:32 WIB
Seruan WHO untuk Negara-negara Dunia dalam Memerangi Corona Ilustrasi

JENEWA, HARIANHALUAN.COM - Dengan semakin meluasnya pandemi virus Corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus menyerukan kepada negara-negara di dunia untuk mengambil 'pendekatan komprehensif' dalam memerangi virus tersebut. Seruan ini disampaikan saat jumlah total kasus virus Corona secara global melampaui 136 ribu kasus.

"Pesan kami kepada negara-negara adalah: Anda harus mengambil pendekatan komprehensif," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers virtual seperti dilansir AFP, Sabtu (14/3/2020).

Tedros menyebut bahwa langkah-langkah untuk meningkatkan jarak sosial (social distancing) seperti membatalkan acara-acara olahraga, mungkin membantu mengurangi penularan virus Corona. Namun semua tindakan yang mungkin dilakukan untuk memperlambat atau mencegah penularan, harus dijalankan.
"Bukan hanya melakukan pemeriksaan. Bukan hanya melakukan pelacakan kontak. Bukan hanya melakukan karantina. Bukan hanya melakukan social distancing. Lakukan semuanya," tegasnya.

"Anda tidak bisa memerangi virus jika Anda tidak tahu di mana lokasinya. Cari, isolasi, periksa dan tangani setiap kasus, untuk memutus rantai penularan," ujar Tedros.

Lebih lanjut, Tedros menyatakan bahwa langkah-langkah agresif dalam memerangi virus Corona yang dilakukan oleh beberapa negara bisa menjadi contoh nyata. Dia juga menyebut bahwa jika penularan tidak bisa dihentikan, setidaknya bisa diperlambat untuk menyelamatkan banyak nyawa.

"Setiap negara yang melihat pada pengalaman negara-negara lain dengan wabah besar dan berpikir 'itu tidak akan terjadi pada kita' jelas telah melakukan kesalahan fatal. Itu bisa terjadi pada negara manapun," sebut Tedros.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM