Cegah Pendemi Corona, Arab Saudi Hentikan Seluruh Penerbangan Internasional


Sabtu, 14 Maret 2020 - 12:12:30 WIB
Cegah Pendemi Corona, Arab Saudi Hentikan Seluruh Penerbangan Internasional Arab Saudi menghentikan semua penerbangan internasional (Foto: AFP)

RIYADH, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, mengumumkan penghentian semua penerbangan internasional untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19, Sabtu (14/3/2020).

Keputusan ini diambil setelah pada Kamis lalu Saudi menutup akses keluar dan masuk ke Uni Eropa serta negara lain, menyusul pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan virus korona sebagai pandemi.

Seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), mengatakan, seluruh penerbangan internasional dihentikan mulai Minggu (15/3/2020) pukul 11.00 waktu setempat.


Namun beberapa penerbangan akan dikecualikan untuk kasus tertentu selama periode tersebut.

Warga Saudi dan ekspatriat yang berada di luar negeri dan tak bisa masuk sebagai imbas dari keputusan ini, mereka tak akan dikenakan konsekuensi apa pun karena tidak masuk kerja atau aktivitas lain. Periode tersebut akan dianggap sebagai hari libur luar biasa bagi mereka.

Status libur luar biasa juga diberikan kepada warga yang menjalani karantina selama 2 pekan setelah pulang dari negara dengan kasus virus korona tinggi.

Pejabat kementerian dalam negeri mengatakan, seluruh warga Saudi dan ekspatriat dilarang berpergian ke Uni Eropa serta negara lain yang memiliki kasus virus korona tinggi untuk sementara waktu.

"Pemerintah Kerajaan memutuskan untuk sementara menangguhkan perjalanan warga dan ekspatriat serta menangguhkan penerbangan ke negara-negara Uni Eropa, Konfederasi Swiss, India, Pakistan, Sri Lanka, Filipina, Sudan, Ethiopia, Sudan Selatan, Eritrea, Kenya, Djibouti, dan Somalia, serta melarang warga dari negara-negara tersebut masuk, serta mereka datang dari negara-negara tersebut selama 14 hari terakhir," kata dia. (*)

loading...
 Sumber : iNews.id /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]