Heboh Virus Corona di Padang, Dewan Minta Jaga Jarak 2,5 Meter dari Orang Lain


Sabtu, 14 Maret 2020 - 18:13:41 WIB
Heboh Virus Corona di Padang, Dewan Minta Jaga Jarak 2,5 Meter dari Orang Lain Foto/ANTARA

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry menyebutkan, setelah pihaknya mencoba mendalami virus corona atau Covid-19 ini. Ternyata yang mengakibatkan virus tersebut cepat penularannya karena penderita juga memiliki penyakit penyerta. Seperti, jantung, hipertensi dan lainnya.

"Setelah kita coba mempelajari, yang membuat virus corona ini cepat penularannya karena ada penyakit lain yang mengidap ditubuh yang bersangkutan. Ini yang mempercepat penularannya," kata Politikus Partai Demokrat itu saat dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu (14/3/2020).

Terkait adanya satu pasien suspect Covid-19 di RSUP DR. M. Djamil Padang yang meninggal, Jumat (13/3/2020), kata Mantan Kepala BKD Kota Padang ini, hal ini perlu dijadikan sebagai pengalaman untuk lebih kehatian-hatian terhadap virus mematikan ini.

Berdasarkan pengalamannya saat kunjungan kerja ke Bali, Azwar Siry menceritakan, bahwa penduduk di daerah itu tidak terlalu mengkhawatirkan Covid-19 ini. Sebab, penularan virus ini tidak akan terjadi jika jarak seseorang dengan penderita 2,5 meter.

"Jaraknya ini yang jadi trik penduduk di Bali. Kalau ingin berkomunikasi dengan si penderita, jarak amannya harus 2,5 meter. Dengan begitu tidak akan berpengaruh, kalau dua meter bisa ditularkan," jelas Azwar Siry.

Selain itu, tambah Azwar Siry, masyarakat yang menggunakan masker itu adalah mereka yang benar-benar mempunyai gejala Covid-19. Namun bagi yang sehat tidak ada yang menggunakannya.

"Menurut saya kasus ini harus kita jadikan pelajaran untuk terus waspada, dan petugas kesehatan agar terus memantau, serta serius menangani kasus Covid-19 ini," imbau Azwar Siry.

Terakhir, Azwar Siry mengimbau masyarakat terus waspada. Usahakan untuk menggunakan pelindung jika ingin berinteraksi di keramaian. Karena di tempat keramaian tersebut tidak akan diketahui apakah seseorang ini menderita Covid-19 ataupun tidak.

"Hindari tempat keramaian dan jaga jarak lebih dari dua meter dari orang lain supaya tidak tertular Covid-19," imbau Azwar Siry. (*)

loading...
 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 10:54:04 WIB

    Heboh, Seorang Pria Ditemukan Tergeletak Tak Sadarkan Diri di Mall Kota Padang

    Heboh, Seorang Pria Ditemukan Tergeletak Tak Sadarkan Diri di Mall Kota Padang HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria ditemukan tidak sadarkan diri di salah satu pusat perbelanjaan Padang Barat, Kota Padang, Kamis (28/5/2020) sore. Pria tersebut ditemukan tertelentang dalam keadaan memakai masker di wajahnya..
  • Senin, 06 Juli 2015 - 19:33:51 WIB

    Kampung Kelawi Dihebohkan Penemuan Mayat Bayi

    PADANG, HALUAN — Pe­nemuan sesosok mayat bayi berjenis laki-laki meng­he­boh­kan warga Kampung Kelawi, Kelurahan Lubuk Lintah, Ke­ca­matan Kuranji, Kota Padang, Senin (6/7) sekitar pukul 12.20 WIB.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]