Virus Corona di Indonesia Kini Dikategorikan Bencana Nasional


Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:09:40 WIB
Virus Corona di Indonesia Kini Dikategorikan Bencana Nasional Kasus Positif COVID-19 Terus Bertambah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - World Health Organization (WHO) telah menyatakan virus corona Covid-19 sebagai pandemi. Menindaklanjuti hal ini, pemerintah juga menyatakan masalah virus corona sudah menjadi bencana nasional non alam.

"Sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 50 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, karena virus ini sudah dikategorikan sebagai penyakit global, maka statusnya adalah bencana nasional non alam," kata Kepala BNPB Doni Monardo di Jakarta Timur, Sabtu 14 Maret 2020.

Presiden juga telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga diketuai oleh Doni. Tim ini lebih ke membuat strategi untuk menjaga orang yang sehat agar tidak sakit dengan memutus penularan.

Doni juga menyampaikan, gubernur dan bupati / wali kota bisa membentuk Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Daerah. Yaitu dengan berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi Ketua Pelaksana Gugus Tugas.

"Gubernur dalam pelaksanaan tugasnya akan dibantu oleh Pangdam/Danrem, Kapolda, Kadiskes dan Kepala BPBD serta OPD dan para pihak yang terkait," ujar Doni.

Gugus Tugas ini akan melakukan sejumlah langkah awal dalam penanganan dan pencegahan virus corona. Mereka juga akan mengundang pihak dari luar seperti akademisi untuk ikut membantu.

"Aksi nyata yang dilakukan adalah memperbanyak tempat pengetesan Covid-19, memperbanyak toolkits untuk tes secara cepat, memperbanyak tenaga medis dengan mengundang dan melibatkan semua pihak termasuk para mahasiswa kedokteran tingkat akhir, dokter-dokter dari IDI, serta relawan medis lainnya," kata Doni. (h/*)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 23:00:52 WIB

    Seorang Menteri Bunuh Diri Gara-gara Khawatir Dampak Virus Corona

    Seorang Menteri Bunuh Diri Gara-gara Khawatir Dampak Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Negara bagian Hesse, Jerman, Thomas Schaefer melakukan bunuh diri karena kekhawatiran yang tinggi atas dampak penyebaran wabah corona terhadap perekonomian negara tersebut..
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 08:37:04 WIB

    Misteri Penderita Pertama Virus Corona

    Misteri Penderita Pertama Virus Corona WUHAN, HARIANHALUAN.COM - Di China, tengah berlangsung investigasi untuk menemukan siapa penderita virus corona pertama atau patient zero. Saat ini, upaya mereka dikabarkan sudah membuahkan hasil..
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 14:08:27 WIB

    Isolasi Diri Selama Dua Hari, Pria Ini Ditemukan Meninggal karena Virus Corona

    Isolasi Diri Selama Dua Hari, Pria Ini Ditemukan Meninggal karena Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang pria berusia 47 tahun ditemukan meninggal karena virus corona COVID-19 di flatnya yang berada di Wrexham, Wales Utara. Pria yang diketahui bernama Tim Galley ini meninggal saat mengisolasi .
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 14:37:53 WIB

    Bocah Perempuan 13 Tahun Meninggal Akibat Virus Corona

    Bocah Perempuan 13 Tahun Meninggal Akibat Virus Corona PANAMA CITY, HARIANHALUAN.COM - Seorang bocah perempuan berusia 13 tahun di Panama dilaporkan meninggal dunia setelah terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Total lima orang meninggal dunia akibat virus Corona di negara Ameri.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 13:11:37 WIB

    Andrea Dian Positif Virus Korona, Awalnya Didiagnosis Demam Berdarah

    Andrea Dian Positif Virus Korona, Awalnya Didiagnosis Demam Berdarah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  – Wabah virus korona baru (Covid-19) bisa menyerang siapa saja, tidak memandang status sosial seseorang di masyarakat. Salah satu figur publik yang baru mengumumkan positif Covid-19 adalah Dian A.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM