Pasca Diumumkan Anies Baswedan, Jubir pemerintah Akui Ada Tenaga Medis Positif Korona


Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:03:10 WIB
Pasca Diumumkan Anies Baswedan,  Jubir pemerintah Akui Ada Tenaga Medis Positif Korona Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020). (Foto; iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Setelah Gubernur DKI Jakarta mengumumkan  pada publik, bahwa sudah ada sebagian dokter dan perawat yang tertular virus korona atau covid-19, Pemerintah mengakui hal itu.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, menyatakan, dari 96 orang yang positif terjangkit virus korona, ada di antaranya merupakan tenaga medis. Bahkan, dia menyebut ada tenaga medis yang masuk dalam daftar pasien yang meninggal dunia.

 "Tenaga medis yang terjangkit ada," kata pria yang akrab disapa Yuri di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020).

Yuri menyebut ada tenaga medis yang masuk ke dalam daftar empat orang yang telah dinyatakan meninggal dunia pada saat dirinya menyampaikan perkembangan mengenai virus tersebut. "Ada (meninggal dunia), yang kemarin," katanya.

Sebelumnya,  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan konferensi pers terkait perkembangan virus corona atau Covid-19 di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). 

Dalam konferensi pers itu, Anies mengungkapkan adanya tenaga medis baik dokter maupun perawat yang tertular virus Covid-19.

"Perawat, dokter, bekerja nonstop. Dan sudah ada sebagian dari mereka tertular Covid-19," kata Anies  berterus terang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan, tenaga medis memang paling berisiko tertular Covid-19. Pasalnya, menurut dia, mereka berada di garda terdepan dalam pemberantasan virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China, tersebut.

"Mereka paling berisiko menjalani tugas untuk pembatasan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Untuk itu Anies menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tenaga medis atas dedikasinya tersebut. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memberikan dukungan dan apresiasi terhadap mereka.

Anies memgimbau kepada masyarakat untuk menghargai dan menghormati pelayanan yang diberikan para tenaga medis. Pasalnya, menurut dia, mereka harus melayani banyak pasien dalam kondisi seperti ini.

"Saya minta pasien  sabar dan hormati nasihat langkah oleh dokter dan perawat," pinta Anies. (*)

 Sumber : Inewsid /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM